Ilustrasi mengemudi. Foto: Tribunnews.com

IDNews.co.id – Mobil zaman saat ini semestinya dilengkapi teknologi lebih mutahir dari pada mobil-mobil terdahulu. Terutama mesinnya sudah bekerja berdasarkan sensor.

Sebut saja pada sistim pengabutan bahan bakar yang sudah injeksi, dimana ECU (engine control unit) mengatur seberapa banyak bensin keluar.

Ada satu hal sekali lagi yang perlu maka perhatian, yaitu mobil-mobil saat ini tak butuh melalui sistem pemanasan mesin sebelum akan dilakukan. Semuanya semestinya karena teknologi yang ditanamkan.

Selanjutnya, mengapa sanggup demikian? Dealer Technical Dukungan PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi menjelaskan, mobil-mobil saat ini tak butuh dipanasi sebelum akan jalan karena pemanfaatan sistim valve adjuster.

Karena perangkat itu, oli tetap ada pada sisi mesin teratas sebelum akan area bakar. “Mobil zaman now tidak usah dipanaskan seperti mobil-mobil karburator, starter segera oke. Karena mesin saat ini sudah ada valve adjuster yang menahan oli tidak segera turun ke carter (penampungan), ” papar Didi.

Dia menyambung, hal semacam tersebut semestinya berlainan jika mobil itu belum diperlengkapi dengan valve adjuster. Di pastikan diperlukan pemanasan terlebih dulu sebelum akan dibawa jalan.

“Mesin mobil yang belum diperlengkapi valve adjuster butuh pemanasan dahulu untuk melumasi mesin sisi atas. Karena saat mesin mati daya gravitasinya gak ada, maka saat baru dihidupkan, keadaan oli masih dipompa dahulu untuk hingga ke sisi atas dari tempat penampungan (carter), ” ujarnya.(ndi)

 

LEAVE A REPLY