IDNews.co.id – Jepang merupakan negara maju yang produktif, tuturnya orang-orang di sana juga rajin serta gemar terburu-buru dalam lakukan suatu hal. Buru-buru di sini bukanlah dalam artian negatif dikarenakan lebih mengarah pada produktivitas, ya dikarenakan benar-benar orang Jepang dikenal sangat disiplin serta gemar bekerja keras.

Jika kamu mengerti, masyarakat di sana suka jalan secepatnya. Langkah jalan mereka tergolong lebih cepat dari orang yang lain. Mereka selamanya tampak gesit serta lincah kala jalan, seolah tak mau tertinggal suatu hal. Hal ini tidaklah tanpa alasan, ingin tau kenapa orang Jepang jalannya cepat? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Persaingan di Jepang Sangatlah Ketat

“Waktu adalah Uang” mungkin adalah peribahasa yang cocok untuk kasus ini. Persaingan di Jepang itu sangat ketat yang mengharuskan orang disana selalu siap siaga melakukan segala pekerjaan dan tanggung jawab mereka. Tiba di kantor tepat waktu adalah salah satu hal yang sudah biasa kamu temukan disana, bahkan jika ada pekerjaan yang belum selesai mereka tidak masalah jika harus lembur atau begadang untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

2. Sangat Menghargai Waktu

Tepat waktu sudah menjadi budaya di Jepang yang ditanamkan sejak mereka masih kecil, bahkan sebelum masuk ke sekolah. Mereka bukanlah tipe orang yang suka menyia-nyiakan waktu untuk hal yang kurang berguna. Singkatnya sih, “lakukan segera apa yang menjadi tanggunganmu”. Kata-kata tersebut terus terngiang sampai mereka dewasa, jadi jangan heran kalau penduduk disana jalannya cepat-cepat.

3. Selalu Sibuk

Orang Jepang punya prinsip untuk melakukan apa yang telah ditetapkan sebelum mereka keluar rumah. Misalkan mereka ingin pergi ke sekolah, ke kantor untuk kerja, atau pergi ke toko untuk membeli sesuatu. Jika sudah punya tujuan, mereka tidak ingin membuang banyak waktu mereka di jalan sebelum tujuannya tercapai.

4. Jalan Lambat = Dingin

Di Jepang ada 4 musim, dan salah satunya musim dingin. Ini sebenarnya adalah alasan klasik, yaitu mengurangi rasa dingin di tubuh. Dengan berjalan cepat, suhu badan akan tetap terjaga karena terus bergerak. Untuk mengurangi rasa dingin, mereka juga tidak jarang menggunakan pakaian yang lebih tebal dan aksesoris lainnya seperti mantel, masker, atau kupluk untuk memberikan rasa hangat.

5. Tidak Mau Ketinggalan Kereta

Daripada menggunakan kendaraan pribadi, orang Jepang lebih suka memakai angkutan umum untuk bepergian, seperti kereta api. Disana, punya mobil atau motor sendiri bukanlah suatu hal yang membanggakan. Nah, agar tidak ketinggalan kereta, mereka harus bisa menyesuaikan jam keberangkatan kereta juga. Jika sampai ketinggalan kereta, itu berarti mereka harus telat dan itu adalah suatu hal yang tabu bagi warga Jepang. (ndi)

LEAVE A REPLY