Bawang putih.

IDNEWS.CO.ID – Membuat sup atau salad dengan tambahan sedikit bawang putih yang dibakar, bisa menjadi ide yang bagus. Ini bukan hanya karena rasa dan aromanya saja yang menonjol, bumbu dapur satu ini juga memiliki beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa.

Faktanya, mengonsumsi satu siung bawang putih mentah setiap hari dapat mencegah banyak penyakit. Bawang putih merupakan keluarga Allium, yang memiliki aroma yang kuat, berkat senyawa belerang yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga: Ngamuk, Nikita Mirzani Labrak Pengacara Elsa Syarief

Senyawa belerang ini menjadikan bawang putih sebagai sumber nutrisi yang dapat membantu memerangi berbagai masalah kesehatan. Dilansir dari Times of India, berikut beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan dan kecantikan.

Melawan pertumbuhan kanker
Senyawa belerang yang terkandung dalam bawang putih, dapat membantu menghentikan pertumbuhan sel kanker dan perkembangbiakannya di berbagai bagian tubuh. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan The American Institute of Cancer Research, bawang putih memiliki kemampuan untuk menghentikan dan mengurangi pertumbuhan tumor kanker.

Membantu melawan infeksi dan alergi
Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antijamur, yang dapat membantu mencegah dan menyembuhkan beberapa penyakit yang disebabkan oleh infeksi dan alergi. Bawang putih juga dapat memperkuat kekebalan tubuh. Selain itu, konsumsi bawang putih setiap hari juga dapat membuat Anda lebih kebal terhadap penyakit.

Mengurangi risiko serangan jantung
Konsumsi bawang putih setiap hari dapat mengurangi jumlah trigliserida dalam darah yang menyebabkan peningkatan kadar gula darah dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, bawang putih juga dapat membantu mengurangi risiko pembekuan darah, sehingga menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung.

Bermanfaat untuk kulit dan rambut
Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, bawang putih juga bermanfaat untuk kecantikan, terutama kulit dan rambut. Bawang putih dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas dan memperlambat penuaan, serta meningkatkan kolagen.

Tidak hanya itu, bumbu dapur satu ini dapat membantu mengobati infeksi jamur dan alergi yang disebabkan oleh bakteri. Bawang putih juga sangat baik untuk mengatasi kerontokan rambut. Menggunakan ekstrak bawang putih dapat membantu mengurangi kerontokan rambut.

LEAVE A REPLY