Proyek Reklamasi

IDNEWS.CO.ID – Carut-marut tentang reklamasi teluk Jakarta kembali muncul. Inti soalnya merupakan pemberian izin dirikan bangunan (IMB) Gubernur DKI Anies Baswedan. Beragam hujatan dan pertanyaan lantas banyak muncul.

“Pastinya, gubernur DKI memiliki alasan untuk melakukan langkah ini. Dapat tetapi alasan-alasan yang disampaikan dapat di buktikan belum ampuh untuk menangkis kontroversi,” papar Ketua Komunitas Orang Perduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus di Jakarta, Minggu (23/6/2019).

Bahkan juga, papar Lucius, Fraksi NasDem DPRD DKI berencana menggelindingkan interpelasi atas kebijakan pemberian IMB itu. “Apa rencana interpelasi akan berjalan lancar? Sebegitu rencana itu akan mendapatkan suport orang? Apa benar IMB yang diedarkan gubernur DKI ilegal? Sebegitu serius resiko lingkungan atas kebijakan penerbitan IMB ini?” bertanya Lucius.

Pertanyaan lain, lanjut Lucius, bagaimana juga mengukur keteraturan dan prinsip di antara janji politik Anies untuk hentikan reklamasi dan keluarnya IMB yang dapat dianggap menyambung kebijakan reklamasi? Akankah Anies kuat melawan serangan politik, baik dari dalam atau di luar? Apa mungkin ketentuan itu bisa ditarik kembali? “Tidak hanya PKS, apa Gerindra, PAN dan PD akan ikut juga menolak hak interpelasi?,” bertanya ia . (fat)

LEAVE A REPLY