Buah Belimbing Wuluh. Foto: Sudut Pengetahuan

IDNews.co.id – Belimbing wuluh merupakan sejenis pohon kecil yang biasa di tanam di pekarangan rumah untuk diambil buahnya. Buah belimbing wuluh ini mempunyai rasa masam yang kerap kali digunakan sebagai campuran dalam ramuan jamu maupun bumbu masakan.

Belimbing wuluh pun berbeda dengan jenis belimbing biasanya. Mulai dari sefi bentuk hingga rasanya. Meski memiliki rasa yang sangat masam, belimbing wuluh juga memiliki berbagai macam khasiat dalam berbagai untuk kesehatan. Baik untuk pengobatan hingga kecantikan.

Di dalam belimbing wuluh sendiri terkandung banyak kandungan alami. Yang salah satunya dapat berkhasiat untuk pengobatan penyakit diabetes. Penyakit diabetes sendiri, merupakan sejenis penyakit berupa kencing manis yang menimbulkan tingginya kadar gula di dalam darah. Bahkan hingga tak terkendali.

Kenaikan gula darah yang tak terkendali tersebut biasanya disebabkan oleh berkurangnya zat insulin di dalam tubuh. Sedangkan zat insulin tersebut memiliki peran penting dalam pengendalian kadar gula darah maupun mengendalikan tekanan kadar gula di dalam darah tersebut.

Dan di dalam belimbing wuluh ini terdapat kandungan zat flavonoid dan saponin. Yang berkhasiat untuk membantu memulihkan kembali sel-sel pankreas yang rusak penyebab diabetes. Peningkatan kadar gula darah tersebut pun bisa membuat penderitanya tidak mendapatkan asupan energi cukup.

Hal tersebut dapat menyebabkan kadar gula darah tetap tidak akan berubah menjadi sumber energi yang dibutuhkan. Sehingga, para penderita diabetes pun sangat rentan mengalami kelelahan dan merasa lemas. Dan belimbing wuluh tersebut dapat membantu mengatasinya.

Cara Mengobati Diabetes dengan Belimbing Wuluh

Di dalam belimbing wuluh terkandung zat tanin yang dapat menurunkan kadar gula darah pada kondisi normal. Oleh sebab itu, belimbing wuluh dapat menjadi salah satu bahan alami dalam membantu mengobati penyakit diabetes yang menyerang Anda saat ini.(fat)

LEAVE A REPLY