Ilustrasi

IDNEWS.CO.ID – Arang aktif salah satu bahan yang sekarang sedang naik daun, dan digunakan untuk beragam keperluan. Kita dapat melihat arang aktif ini digunakan dalam segalanya, mulai dari pasta gigi sampai perawatan kulit dan minuman.

Tetapi apa yang dimaksud arang aktif dan kenapa kita harus minum? Arang aktif yaitu jenis arang berpori yang diolah (atau “diaktifkan”) pada suhu yang tinggi sekali. Model arang ini bisa dibuat dari tulang, batok kelapa, atau batu bara.

Sebab arang aktif berpori dan bermuatan negatif, dipercaya menolong untuk menjebak toksin dan bahan kimia di perut. Sampai badan tidak diberi peluang untuk menyerapnya. Jadi bagaimana jika ditambahkan lemon dan dikonsumsi?

Berikut penyebabnya kenapa minuman arang biasanya digunakan untuk detoksifikasi dan perawatan genting seperti overdosis obat atau keracunan. Serta realitanya, arang aktif udah berubah menjadi penangkal toksin sejak tahun 1800-an.

Penting untuk dicatat kalau, arang bisa mengganggu proses penyerapan nurisi di badan. Arang tidak bisa dikonsumsi setiap hari atau kurang dari 90 menit, sebelum atau sesudah makan makanan padat nutrisi, obat resep, atau vitamin.

Diambil dari healthline.com, satu studi kecil sudah pernah melihat peserta dari Amerika dan India, yang mengonsumsi arang aktif. Serta mereka menemukan bahan ini ampuh mengurangi kembung dan kram perut, yang terkait dengan gas.

Arang aktif dapat juga sebagai obat diare, melakukan perbaikan manfaat ginjal dan menurunkan kadar kolesterol.

Tetapi, beberapa dari studi ini berasal dari tahun 1980-an. Sampai dibutuhkan analisis yang lebih baru, untuk mengonfirmasi faedah arang aktif. (ria)

LEAVE A REPLY