Antisipasi penyebaran virus Corona
Antisipasi penyebaran virus Corona

IDNEWS.CO.ID – Kota Malang masuk dalam zona merah penyebaran virus Corona Covid-19 di Provinsi Jawa Timur. Status zona merah itu membuat masyarakat menerapkan physical distancing atau pembatasan pertemuan orang per orang di luar rumah.

Beberapa pusat perbelanjaan atau mal di Kota Malang akhirnya sepi. Pemilik tenant atau stand berjualan di mal pun resah. Mereka semua khawatir akan dampak penyebaran virus corona. Banyak mal di Malang yang akhirnya memilih tutup untuk sementara waktu. Salah satunya Malang Town Square (Matos).

“Ya banyak tenant juga yang resah terus kita juga mengikuti anjuran pemerintah. Habis itu sepi juga tidak ada pengunjung di mal. Selain sepi mereka juga takut ketularan. Akhirnya atas kesepakatan pengelola dan pemilik tenan kita tutup untuk dua pekan,” kata Mall Director Matos, Fifi Trisjanti, Minggu 29 Maret 2020.

Matos akan tutup mulai 30 Maret 2020 sampai 12 April 2020. Di mal ini ada 500 tenan sebagian besar tutup. Keputusan penutupan juga didasari tingkat kunjungan customer. Pada hari biasa sekitar 30 ribu orang. Namun, pasca pandemi virus corona jumlah pengunjung hanya sekitar 1.500 orang saja. Matos sendiri salah satu pusat perbelanjaan favorit warga Kota Malang.

“Pengunjung mal turun 95 persen, itu kalau saya lihat tinggal 5 persen. 500 tenant sebagian setuju, yang tidak setuju boleh buka tapi delivery atau layanan antar. Tidak boleh makan di mal, beli langsung bawa pulang,” ujar Fifi.

Selama masa penutupan pengelola melakukan penyemprotan disinfektan ke semua area mal. Alasan penutupan mal dianggap demi kepentingan yang lebih besar. Apalagi pandemi virus corona juga berdekatan dengan momentum lebaran. Semua mal biasanya ramai diserbu masyarakat.

“Karena kalau kita tidak tutup, mata rantai virus corona tidak selesai-selesai. Kita pilih tutup sekarang, agar Hari Raya Idul Fitri nanti tidak tinggal kenangan. Kita tidak ngotot berjualan atau beroperasional, karena kita semua sepakat memutus mata rantai virus corona,” tutur Fifi. (ach)

LEAVE A REPLY