Ilustrasi KPK. Foto: kabar24.bisnis.com

IDNEWS.CO.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi segera bawa hasil sejumlah pelaku yang diamankan di Kepulauan Riau, pada Rabu malam, 10 Juli 2019. Dari enam orang yang diangkut klub KPK, antara lainnya Gubernur Nurdin Basirun.

“Mungkin ini hari kami bawa pula (ke KPK, di Jakarta), kelak bergantung kebutuhan klub apa akan dibawa enam orang atau sejumlah saja,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di konfirmasi wartawan, Kamis (11/7/2019)

Mulai sejak malam tadi ke enam orang yang diamankan klub KPK masih diperiksa di kantor Polres ditempat. Mereka jalani proses kontrol awal.

Febri menambahkan, kecuali tangkap enam orang, klub pun mengambil alih uang sejumlah 6 ribu dolar Singapura. Diduga itu bukan pemberian pertama.

Uang itu diduga tanda untuk bukti transaksi suap yang libatkan Gubernur. Suap itu terkait dengan izin area rencana reklamasi di Kepri.

“Kami mendapatkan informasi tentang akan terjadinya transaksi terkait dengan izin area rencana reklamasi di Propinsi Kepulauan Riau,” kata Febri.

Dalam OTT ini, KPK pun menangkap lima orang yang lain yang terbagi dalam Kepala Dinas di bidang kelautan, Kepala Bidang, dua staf dinas dan faksi swasta. “Kelak pasti kami akan diidentifikasi dan dalami seterusnya mulai dari proses kontrol ini,” tangkisnya. (ndi)

LEAVE A REPLY