Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Kepulauan Seribu, Jumat (22/3/2019).

IDNEWS.CO.ID – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkunjung ke Kantor Bupati Kepulauan Seribu, yang terletak di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jumat (22/3/2019). Dia menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kepulauan Seribu.

Menurut Anies, permasalahan mendasar yang terjadi di Kepulauan Seribu harus segera diselesaikan. Ia mencontohkan, salah satu masalah yang harus dirampungkan adalah penanganan kesehatan.

“Saya berharap nanti kita bisa membuat item mendasar yang ada di Kepulauan Seribu. Memang kebutuhan dasar itu harus dituntaskan segera mungkin, apa kebutuhan dasar kita. Air, konektivitas, penanganan kesehatan itu yang paling dasar,” ujar Anies di Kantor Bupati Kepulauan Seribu, Jumat (22/3/2019).

Selain itu, Anies menegaskan, jika semua permasalahan dasar yang ada di Kepulauan Seribu selesai maka kesejahteraan, kenyamanan dan ekonomi sekitar akan tumbuh. “Kalau dasar itu beres semua maka hal-hal lainnya bisa tumbuh. Tapi kalau yang mendasar itu tidak beres maka PR kita akan selalu bertambah,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Kepulauan Seribu Husain Murad memberikan laporan permasalahan yang ada di wilayahnya. Ia mengakui, permasalahan air dan penanggulangan sampah menjadi permasalahan besar di Kepulauan Seribu. “Konektivitas antar pulau, khususnya 11 pulau yang berpenduduk. Air bersih juga kurang dari jumlah yang dibutuhkan, penanganan limbah juga masih menjadi masalah,” ujarnya.

Dia menambahkan, “Kami belum memiliki grand desain penanganan sampah, itu harus diangkut manual sampai pembuangan akhir di Bantar Gebang.” (fat)

LEAVE A REPLY