Pemain Timnas Indonesia U-18 saat melawan Filipina di Piala AFF U-18

IDNEWS.CO.ID – Timnas Indonesia U-18 akan menjalani laga pamungkas penyisihan Grup A Piala AFF 2019 menghadapi Myanmar U-18. Pertandingan bakal digelar di Thong Nhat Stadium,Ho Chi Minh City, Vietnam, Rabu (14/8/2019).

Kedua tim sejatinya sudah dipastikan lolos ke babak semifinal setelah menempati posisi teratas grup. Indonesia dan Myanmar memiliki poin sama 12 dan berada di peringkat pertama dan kedua.

Yang membedakan mereka hanya selisih gol. Indonesia berhak berada di pucuk klasemen dengan selisih gol 16. Sedangkan Myanmar dengan selisih gol delapan.

Meski sudah memastikan diri lolos ke semifinal, bukan berarti laga Timnas Indonesia U-18 vs Myanmar ini tak menarik disaksikan. Mantan pelatih Persija Jakarta, Muhammad Zein Al Hadad mengatakan pertandingan ini bukan hanya sekadar mencari juara grup, tapi ajang untuk pasukan Fakhri Husaini menyiapkan diri ke babak semifinal.

“Saya kira pertemuan tim ini akan sangat menarik, seru dan akan berjalan keras. Karena kedua tim memiliki kekuatan yang berimbang,” kata pria yang akrab disapa Mamak pada wartawan.

Pria yang juga pernah menjabat sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia U-23 itu menyebut pemenang laga ini akan ditentukan oleh mental dan ketenangan pemain.

“Indonesia punya kecepatan di sisi sayap. Nah, di sini dibutuhkan crossing yang penyelesaian akhir yang akurat. Pemain-pemain kita juga harus memperhatikan transisi dari menyerang ke bertahan dan sebaliknya. Mereka harus kompak dalam menerapkan strategi itu,” ucap Mamak.

“Sedangkan Myanmar punya Moe Swe sebagai ujung tombak. Dia pemain yang berkualitas, memiliki insting yang mematikan. Myanmar juga memiliki tujuh pemain yang masing-masingnya sudah mencetak gol, Artinya, kemampuan mereka merata,” imbuhnya.

Meski demikian, Mamak tetap meyakini Indonesia bisa memenangkan laga ini. Keyakinannya merujuk dari raihan yang telah ditorehkan Amiruddin Bagus Kahfi cs yang sudah mencetak 19 gol selama fase grup ini.

“Lini depan Indonesia saya pikir produktif luar biasa. Tapi, mereka akan menghadapi Myanmar yang baru kebobolan dua gol. Mereka punya semangat tinggi. Saya yakin Indonesia memenangkan pertandingan ini. Asalkan, pemain bisa tenang dalam menyelesaikan peluang.

Bagi Indonesia, kemenangan tentunya menjadi hasil penting untuk melihat lawan mereka di babak semifinal. Jika melihat klasemen sementara Grup B, masih ada tiga tim yang akan menjadi calon lawan mereka. Ketiga tim itu adalah Australia, Malaysia, dan tuan rumah Vietnam.

Di atas kertas, tentunya Australia menjadi momok yang menakutkan bagi Indonesia. Selain memiliki postur tinggi dan kecepatan, Australia merupakan pengoleksi terbanyak kedua gelar Piala AFF U-19 dengan raihan empat trofi.

Artinya, Indonesia perlu memikirkan faktor nen teknis ini. Meski bukan hal yang mustahil untuk mengalahkan Australia, tapi penting bagi Garuda Nusantara untuk sedikit menyimpan tenaga hingga ke partai final nanti. (ach)

LEAVE A REPLY