Ilustrasi Taman Foto: TripAdvisor

IDNEWS.CO.ID – Sampai pertengahan 2019, pemerintah melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan DKI Jakarta telah melakukan penghijauan pada 600 gang di ibu kota termasuk di Kepulauan Seribu.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Darjamuni menjelaskan, selama ini mereka berkelanjutan menggalakkan pertanian perkotaan sebagai bentuk riil penghijauan Jakarta. Sebelumnya, masih banyak gang di ibu kota yang keadaannya sangatlah gersang dan hampir tidak ada kepedulian dari penduduk untuk bikin penghijauan.

“Saat ini sudah ada 600 gang yang kami hijaukan dengan berbagai pendekatan pada penduduk. Seharusnya secara kontinyu. Di sisi lainnya, kami berupaya meningkatkan hidroponik dengan libatkan PKK dan karang taruna di semua wilayah,” kata Darjamuni.

Darjamuni menambahkan, faksinya tengah meningkatkan mode penanaman hidroponik generik dengan manfaatkan pipa-pipa air, paralon, dan kaleng bekas sebagai medium tanam. Dia membawa penduduk untuk aktif menanam di sekitaran rumah melalui gerakan Bedah Pekarangan.

“Project percontohannya di Jakarta Selatan, penduduk disana sudah oke untuk menjadikan halaman rumah mereka sebagai tempat hidroponik atau tanaman hijau yang lain,” ujarnya. (fat)

LEAVE A REPLY