IDNEWS.CO.ID – Menggunakan Facebook atau Gmail untuk login ke berbagai aplikasi dan layanan ini-itu memang praktis. Tetapi repot juga saat Facebook atau Gmail down.

Saat Gmail, Facebook, Instagram, dan WhatsApp tumbang, sejumlah pengguna mengeluh tidak dapat mengakses aplikasi dan layanan lainnya. Misalnya, mereka yang mengakses Spotify menggunakan akun Facebook sebagai akses login mereka.

Peneliti keamanan dari Vaksincom Alfons Tanujaya membetulkan jika memanfaatkan Facebook dan Gmail untuk masuk ke banyak layanan benar-benar sangat praktis.

“Dari sisi kenyamanan memang enak jika semua dikoneksikan serta jadinya single login,” kata Alfons, berbincang dengan IDNEWS.CO.ID, Kamis (14/3/2019).

Dikatakannya, dari sisi keamanan juga tidak ada masalah. Diintegrasikan ataukah tidak, tingkat keamanannya sama selama tidak diretas dan akun yang dijadikan sebagai ‘kunci’ akses ke semua layanan sudah diatasi dengan baik.

“Hanya kalau kena kasus server Facebook down seperti yang terjadi hari ini jadi tidak dapat login. Tetapi harusnya terjadinya (down) jarang sekali ya,” terangnya.

Buat yang tidak ingin terkena dampak seperti ini, Alfons menyarankan untuk memisahkan login masing-masing aplikasi.

“Tetapi jadinya harus maintain kredensial sendiri. Dari sisi keamanan sama saja, harus amankan kredensial Facebook, ditambah amankan kredensial Spotify juga misalnya. Saran saya, pakai Password Manager,” rinci Alfons.

Dijelaskan Alfons, Password Manager merupakan program untuk menyimpan semua kredensial semua akun, yang memudahkan supaya kita tak perlu mengingatnya satu per satu.

“Jadi hanya perlu ingat kredensial Password Manager. Nanti pas login otomatis diisi oleh Password Manager. Jadi jika ada ratusan akun dengan kredensial yang berbeda kita tidak perlu ingat-ingat lagi sebab disimpan oleh Password Manager,” tuturnya.

(fat)

LEAVE A REPLY