Lifestyle

Makan di Restoran atau Belanja Saat Pandemi, Mana yang Lebih Berisiko?

IDNEWS.CO.ID – Pandemi COVID-19 berakibat pada perubahan pola kehidupan masyarakat sehari-hari. Masyarakat pun sempat tetap tinggal di rumah ketika tidak ada urusan mendesak untuk menjaga agar penyebaran virus semakin meluas. 

Namun, perlahan dan pasti kehidupan masyarakat bertahap kembali normal dan tempat-tempat umum seperti restoran, mal dan taman dibuka, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Sebagian masyarakat di Tanah Air sudah mulai kembali bekerja di kantor, mereka juga terlihat mengunjungi mal untuk sekedar makan atau berbelanja.

Sontak ketika Anda melihat orang-orang di sekitar bepergian dan pergi berbelanja, tentu sering bertanya-tanya apakah Anda juga bisa melakukannya tanpa membahayakan hidup Anda?  

Makan malam di restoran atau berbelanja dengan teman-teman, seperti masa lalu pasti akan membuat perbedaan besar.  Sebelum membuat rencana, Anda pasti ingin mengetahui faktor risiko diantara keduanya.

Lalu makan malam vs belanja, mana yang lebih aman untuk dilakukan saat ini? Jika kedua aktivitas tersebut dilakukan dengan hati-hati, melakukan tindakan pencegahan yang tepat, keduanya relatif aman.

Dilansir dari laman Times of India, ada beberapa pedoman yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang perlu dipatuhi mulai dari menjaga jarak 1,8 meter, memakai masker, mencuci tangan dan etika batuk yang benar. 

Jika Anda dapat mengikuti semua hal ini di tempat yang dikunjungi, maka risiko terkena virus dapat dianggap rendah.  Seberapa aman untuk mengunjungi tempat tertentu sebenarnya tergantung pada waktu Anda, lingkungan sekitar, dan keramaian.

Lalu bagaimana membuat makan di luar dan berbelanja lebih aman di tengah pandemi?

Saat memilih restoran, coba cari restoran yang memiliki tempat duduk di luar ruangan. Di ruang terbuka, risiko infeksi lebih kecil.  Pastikan meja terdapat jarak di antara meja lainnya setidaknya 1,8 meter.

Jangan lupakan periksa apakah restoran tersebut mengikuti pedoman keselamatan, membersihkan restoran mereka dan apakah orang-orang di sekitar Anda memakai masker atau tidak.  

Untuk berbelanja, hindari berbelanja pada jam sibuk dan akhir pekan. Sebab, ruang tertutup, ventilasi yang buruk dan kesulitan menjaga jarak dengan orang lain dapat meningkatkan kemungkinan terinfeksi. 

Disarankan, untuk mengunjungi toko belanja pada hari kerja. Sebab di jam atau hari kerja, kerumunan akan berkurang dan akan ada cukup ruang untuk bergerak dengan bebas.

Pastikan Anda memakai masker dan membawa sebotol handsanitizer. Selain itu, cobalah untuk tidak menyentuh barang-barang terlalu banyak agar tetap aman.

Back to top button

Adblock Aktif

Mohon Non - Aktifkan Adblock Pada Browser Anda !