Saat warga Jakarta antusias menaiki kapal perang di Tanjung Priok

IDNEWS.CO.ID – Indonesia menyiagakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) di perairan Batam, Kepulauan Riau, untuk sewaktu-waktu menjemput atau evakuasi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau pekerja migran yang terdampak dari kebijakan lockdown otoritas Malaysia.

Dalam menanggulangi wabah corona atau Covid-19, Pemerintah Malaysia memutuskan untuk melakukan lockdown. Otomatis hal tersebut dapat berdampak bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja di negeri jiran tersebut.

“Kogabwilhan I dengan Angkatan Laut akan menggerakkan KRI-KRI, yang saat ini KRI yang sudah standby di Batam,” kata Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, Laksamana Madya TNI Yudo Margono, dalam konferensi pers melalui akun YouTube BNPB, Jumat, 3 Maret 2020.

Yudo menjelaskan, KRI itu sebagai upaya pembuktian bahwa negara hadir untuk para pekerja migran. Saat ini, pihaknya juga sedang menyiapkan beberapa strategi penjemputan tersebut.

“Bahwasanya kemarin banyak migran dari Malaysia yang akan kembali ke Indonesia. Kogabwilhan 1 juga sudah mengoordinir untuk pelaksanaan pemulangan,” ucap Yudo.

KRI tersebut saat ini telah menunggu di perairan Batam, Kepulauan Riau. Tak hanya itu, KRI itu akan siap mengangkut para TKI ke Tanah Air khususnya. (ach)

LEAVE A REPLY