Ilustrasi rambut rontok. Foto: Hello Sehat

IDNews.co.id – Rambut rontok dan berketombe menjadi masalah rambut yang cukup banyak dialami wanita. Seringkali yang dikeluhkan adalah bagaimana mendapatkan solusi yang tepat agar kedua masalah rambut dan kulit kepala itu benar-benar teratasi.

Menurut Technical Manager Matrix Indonesia, Candra Suyanto, untuk mengatasi masalah rontok dan ketombe, pertama-tama harus dicari dahulu apa yang menjadi penyebabnya.

“Biasanya dimulai dari kebiasaan kecil, membiarkan. Kulit kepala berminyak tidak dipedulikan, minyak lama-lama bisa menumpuk dan dianggap bukan masalah serius,” ujar Candra di kawasan Kuningan, Jakarta.

Padahal minyak yang menumpuk itulah yang bisa menjadi biang keladi kedua masalah rambut tersebut. Minyak yang menumpuk bisa membuat bakteri mudah menempel dan akhirnya berkembang biak menjadi ketombe.

Apalagi bagi mereka yang menggunakan hijab, seringkali mengabaikan karena merasa kepalanya tertutup sehingga tidak akan terlihat.

“Ketombe yang dibiarkan di pangkal rambut ini bisa menggerogoti batang rambut dan lama-lama putus, biasanya pas rambut sudah rontok barulah heboh mencari perawatan,” lanjut Candra.

Untuk itu, Candra menyarankan agar mengatasi pangkal permasalahannya yakni ketombe. Setelah itu, barulah melakukan perawatan untuk rambut rontok.

Candra juga memberi tips agar para wanita berhijab memastikan kulit kepala dan rambut benar-benar dalam keadaan kering sebelum menggunakan hijab. Biasanya, karena terburu-buru, banyak yang langsung mengikat rambut dan menutupnya padahal di bagian dalam masih lembap.

“Kulit kepala yang lembap bisa menjadi penyebab masalah utama kulit kepala tambah berminyak dan mengeluarkan aroma tidak sedap, dan bisa merangsang ketombe,” kata Candra.

Jadi, bukan hanya batang rambut saja yang membutuhkan perawatan. Kulit kepala juga membutuhkan usaha lebih untuk menjaga agar tidak berminyak.(ndi)

LEAVE A REPLY