Ilustrasi nyalakan ac mobil. Foto: Autos.id

IDNews.co.id – Penyejuk udara (AC) adalah fitur perlu pada suatu mobil, karena berikan kenyamanan berkendara. Karena senantiasa digunakan, sudah sewajarnya perangkat ini dirawat dengan baik supaya bekerja maksimal dan komponennya lebih awet.

Sebagai pengguna, Anda juga bisa melakukan beberapa langkah simpel untuk merawat AC mobil. Apa saja? Tersebut seperti dilansir AstraWorld, Rabu (16/5/2018) :

Pertama, lindungi kebersihan karpet atau lantai mobil. Kebersihan lantai mobil menjadikan udara didalam kabin mobil juga turut bersih. Dengan hal tersebut filter AC tidak bekerja sangat keras untuk menyaring debu dan kotoran, dan tidak cepat kotor.

Kedua, luangkan buka kaca sebelumnya menyalakan AC dan pakai putaran blower teratas. Maksudnya, supaya uap panas didalam kabin cepat keluar dan berubah. Hingga AC bekerja dengan maximum dan mepercepat sistem pendinginan kabin.

Ketiga, saat berhenti saat meniti perjalanan jauh, matikan mesin dan AC dan buka kaca jendela untuk sebagian saat. Maksudnya adalah untuk mengistirahatkan AC dan supaya udara didalam kabin bersirkulasi, hingga kadar oksigen didalam kabin jadi maksimal.

Keempat, bersihkan kondensor AC dengan semprotan air. Laksanakan langkah ini saat membersihkan mobil dengan air bertekanan. Tujukan semprotan air ke kondensor AC, yang tempatnya tepat dibalik grill depan. Kondensor yang bersih menjadikan hembusan udara dari AC akan tambah cepat dingin. (ndi)

LEAVE A REPLY