Akupuntur

IDNEWS.CO.ID – Berbeda dengan pijat atau urut biasa, pijat refleksi lebih fokus pada titik-titik yang ada di tubuh, terutama pada kaki dan tangan. Tak sedikit yang mengatakan bahwa pijat refleksi mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. 

Pijat refleksi memiliki tiga area yang mampu dijelajahi antara lain telapak kaki dan tangan serta telinga. Khasiat pijat refleksi sendiri bisa sebagai cara untuk meraih relaksasi hingga terapi untuk penyakit tertentu.

“Area refleksi telapak kaki dan kaki untuk minimalisir gejala penyakit organ dalam. Di telinga bisa lebih banyak seperti atasi gangguan penyakit dalam, relaksasi dan gangguan tidur,” ujar spesialis akupuntur dr. Kemas Abdurrohim, MARS, M.Kes, Sp.Ak., dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Senin 13 Januari 2020.

Di beberapa titik di telinga, menurut dokter Kemas, jika terasa nyeri saat ditekan, menjadi indikasi adanya gangguan di area lambung, jantung, paru-paru, hingga rahim. Dengan tekanan di titik yang tepat, maka gangguan di area organ dalam itu bisa diminimalisir.

“Saraf-saraf di telinga langsung tersambung ke organ dalam. Misal ada gangguan lambung untuk atasi masalah kembung, di area rahim untuk atasi kemandulan, di paru-paru untuk atasi rinitis alergi, dan di titik menuju ke jantung untuk atasi takikardi (denyut jantung cepat),” terangnya.

Ia menyarakan pijat refleksi maksimal dilakukan dua kali seminggu serta langsung dengan ahlinya. Sebab, jika penekanan di area tertentu cenderung berlebihan, malah bisa memicu masalah baru.

“Kalau area telinga harus dipijat dengan yang profesional. Karena kalau terlalu kuat menekan, malah bisa berbahaya untuk organ dalamnya itu.
 

LEAVE A REPLY