Ilustrasi Foto: Merdeka

IDNEWS.CO.ID – Putri ke-4 Presiden Republik Indonesia Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid, bersyukur warga Indonesia tak hingga sampai pecah karena pemilu. Ditambah lagi menurut survey 90 persen lebih warga Indonesia terima hasil penentuan umum.

Yenny mengatakan, Indonesia barusan melewati bagian besar dalam perjalanan bangsa, perjalanan dari sebuah sejarah yang dinamakan Penentuan Umum (Pemilu). Pemilu di Indonesia sebenarnya sama juga dengan pemilu yang diselenggarakan sejumlah negara lain, yakni saling dipenuhinya dengan hoax sampai ajaran kedengkian.

“Nyatanya masyarakatnya tetap tidak terpecah, tidak separah negara lain lah minimum. Di sini masih cukup,” kata wanita pemilik nama komplet Zannuba Ariffah Chafsoh ini di acara Halal Bihalal Peradi, di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2019).

Bukan cuma itu, Yenny menyampaikan sebagian besar warga di Indonesia sudah terima hasil Pemilu 2019. Menurut dia, ini sebagai pertanda apabila tingkat kedewasaan politik warga Indonesia sudah mulai bertambah.

“Survey terakhir memberikan jika lebih dari 90 persen warga terima pemilu apa-pun hasilnya. Itu sikap kedewasaan yang menakjubkan sekali, ini modal besar. Jadi warga Indonesia sudah benar-benar dewasa dalam menanggapi ketaksamaan,” jelasnya.

Yenny mengaku jika Indonesia ke depan memiliki halangan, yakni di masa teknologi. Demikian dengan para advokat yang harus bertatapan dengan teknologi.

“Halangan ke depan kian besar. Pasti perubahan teknologi jadi halangan untuk para advokat, bagaimana membuktikan bukti-bukti di persidangan,” ujarnya. (ach)

LEAVE A REPLY