Cuci tangan

IDNEWS.CO.ID – Salah satu cara yang sangat disarankan untuk mencegah terjangkit virus corona atau COVID-19 adalah dengan rajin mencuci tangan menggunakan air dan sabun. Cara ini dianggap efektif dapat membunuh bakteri hingga virus yang menempel di tangan kita. 

Namun, mencuci tangan juga harus dilakukan dengan benar. Cuci tangan dengan air dan sabun harus dilakukan minimal 20 detik, dengan membersihkan seluruh bagian telapak dan punggung tangan, termasuk kuku dan sela-sela jari.

Video berikut ini juga turut mengkampanyekan cara mencuci tangan. Namun, bukan cuci tangan dengan cara yang dianjurkan oleh pakar kesehatan. Cara orang mempraktikkan cuci tangan di dalam video ini malah bikin gagal fokus orang yang menontonnya. 

Adalah situs komedi 9gag yang membagikan video kampanye cuci tangan ini di akun Instagram. Dalam video berdurasi satu menit 33 detik tersebut, memperlihatkan seseorang yang tidak diperlihatkan wajahnya sedang bersiap-siap mencuci tangan di wastafel dengan air dan sabun batang. 

“Keahlian bermain busa. Saatnya mengasah kemampuanmu bermain busa,” tulis @9gag, dikutip VIVA, Senin 23 Maret 2020.

Pertama-tama, orang dalam video tersebut menyalakan air dan mengambil sabun. Kemudian, ia mulai memainkan sabun tersebut hingga menghasilkan banyak busa. Bukannya mencuci tangan dengan cara yang benar, orang dalam video ini malah bermain-main dengan busa tersebut. 

Bahkan seperti dalam caption yang disematkan, orang ini malah menunjukkan skill-nya bermain dengan busa. Warganet pun gagal fokus dengan video yang seharusnya menjadi kampanye cuci tangan ini. 

Lebih dari 8 ribu warganet menyerbu kolom komentar di unggahan video ini. Tidak sedikit yang mengaku gagal fokus menonton video ini, bahkan ada juga yang mengatakan tidak nyaman saat menontonnya. Sejak diunggah pada 17 Maret 2020, video ini sudah ditonton hingga lebih dari 6,3 juta kali.

“Saya merasa tidak nyaman,” ujar warganet. 

“Itu menganggu LOL,” komentar yang lain. 

“Sepertinya orang ini punya banyak waktu untuk mencuci tangan saat lockdown di rumah,” kata netizen. 

“Apa yang lelaki pikirkan, sama seperti yang saya pikirkan,” kata yang lain. 

LEAVE A REPLY