Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

IDNEWS.CO.ID – Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, meyakinkan kalau Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan jajarannya di PDIP akan datang dalam acara Kongres II Partai Nasdem yang diselenggarakan tanggal 8-11 November 2019. Tapi Hasto tidak mengatakan pada tanggal berapakah Mega akan datang.

“Akan tiba,” kata Hasto sewaktu dilakukan konfirmasi sesuai acara Peringatan 60 Tahun Jalinan Indonesia-Vietnam di Gedung Arsip Nasional, Jalan Gajah Mada Jakarta Barat, Jumat (8/11/2019).

Hasto pun menyikapi terkait pandangan Nasdem yang ikut mengundang Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan. Menurut Hasto itu yaitu soal yang lumrah karena tempat penyelenggaraan kongres itu yang tinggal di Jakarta.

“Kongres kan di Jakarta biasa kita mengundang gubernur dalam tempat kongres itu diadakan, sewaktu partai lain mengadakan kongres di wilayah Bali contohnya, PKB pun mengundang gubernur dari PDI Perjuangan, itu soal yang biasa saja,” pungkasnya

Sewaktu disinggung berkenaan manuver Nasdem yang dianggap mulai menjauh dengan konsolidasi karena melakukan pertemuan dengan PKS, Hasto menghalaunya. Menurut Hasto saat ini konsolidasi masih padu dan langkah NasDem menjumpai partai non konsolidasi yaitu soal yang lumrah tidak demikian jadi masalah.

“Tak ada sudut pandang menjauh, karena berbicara dengan para pemimpin parpol itu merupakan sisi dari etika kita, jadi tidak ada yang menjauh tidak ada yang mendekat, setiap partai punyai urutan masing-masing dan kami menghargai itu,” pungkasnya

Tapi ia tak mengingkari jika langkah Nasdem itu pun jadi perhatian Presiden Joko Widodo. Baginya, diskusi di antara pemimpin partai merupakan etika demokrasi Indonesia, namun keteraturan di jalankan urutan politik di konsolidasi atau di luar pemerintahan juga penting.

“Utamanya bapak presiden Jokowi dengan caranya sudah menyampaikan berbagai soal terkait dengan pertemuan itu,” pungkasnya. (fat)

LEAVE A REPLY