Liu Yu Chen

IDNEWS.CO.ID – Kejutan tercipta di babak perempatfinal BWF World Tour Super 750, China Open 2019. Ganda putra andalan tuan rumah, Li Junhui/Liu Yuchen secara mengejutkan dipecundangi wakil India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Yang paling memalukan, dalam laga yang di langsungkan di Haixia Olympic Sports Center, Fuzhou, China, Jumat 8 November 2019, duo menara itu dihajar dua game langsung.

Meski lawan yang mereka hadapi adalah jagonnya tuan rumah, namun tak membuat Satwiksairaj/Chirag gentar, di awal game saja Li/Liu dibuat terkejut dengan 3 poin beruntun yang membuat duo India itu langsung unggul 0-3.

Pemegang gelar Juara Dunia 2018 itu tak mau begitu saja dihabisi ranking 9 dunia itu, perlahan mereka bisa lepas dari tekanan Satwiksairaj/Chirag, efeknya terjadi pertarungan sengit dan perolehan poin pun mengetat. Malahan Li/Liu mendekati pertengahan game bisa berbalik unggul 8-7.

Namun, Satwiksairaj/Chirag membuat kejutan, mereka tiba-tiba memberondong Li/Liu dengan 5 poin beruntun untuk berbalik unggul jauh pada skor 8-12. Bahkan di menit 14 14 mereka memperpanjang keunggulan pada kedudukan 11-15. Pendukung tuan rumah dibuat tercengang dengan gebrakan finalis French Open 2019 itu.

Mendekati waktu krusial, penguasa ranking 3 dunia itu berusaha lepas dari gempuran Satwiksairaj/Chirag. Dan akhirnya mereka mampu menyamakan angka pada kedudukan 16-16. Tak sampai di situ, Li/Liu yang sudah kadung mengganas malah kini berbalik unggul 17-16.

Partandingan semakin memanas saat mendekati akhir game setelah skor kembali sama kuat 17-17. Malah kini dua pemuda Sungai Gangga yang menggempur Li/Liu dan hasilnya mereka kembali unggul 17-18. Malah mereka bisa membuka peluang untuk menang setelah mampu melejitkan poin pada skor 18-20.

Kini Li/Liu benar-benar di ambang mimpi buruk, di bawah dukungan penuh suporter mereka berusaha menggagalkan kemenangan Satwiksairaj/Chirag. Namun, upaya mereka kandas mereka cuma mampu menambah 1 poin saja dan akhirnya menyerah dengan angka tipis 19-21 di menit 20.

Kekalahan dramatis di game pertama membuat juara Fuzhou China Open 2015 itu meradang. Di game kedua mereka langsung menekan juara Thailand Open 2019 itu. Alhasil Li/Liu unggul cepat 2-0. Keunggulan itu tak berlangsung lama, sebab Satwiksairaj/Chirag berhasil menyamakan poin saat skor 3-3.

Walau terus ditekan, Satwiksairaj/Chirag mampu membalikkan keadaan dan perolehan angka poin ketat, saat jeda saja mereka unggul tipis 10-11.

Selepas jeda Li/Liu  sempat menyamakan angka pada kedudukan 11-11 dan 12-12. Hanya saja mereka kembali tertinggal Satwiksairaj/Chirag mendapatkan 3 poin beruntun untuk unggul 12-15.

Keunggulan angka membuat Satwiksairaj/Chirag semakin berada di atas angin. Apalagi tampak Li/Liu mulai cemas. Akhirnya mimpi buruk benar-benar menyergap Li/Liu, Satwiksairaj/Chirag berhasil melejitkan angka hingga tak lagi terkejar dan mereka merebut kemenangan game kedua dengan angka telak 15-21.

Perlu diketahui sebelum pertarungan ini, Li/Liu juga sempat dipermalukan Satwiksairaj/Chirag di Thailand Open 2019, malahan Li/Liu dipecundangi di partai final.

Dengan kemenangan ini Satwiksairaj/Chirag melaju ke semifinal dan bentrok dengan penguasa ranking 1 dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang telah lolos lebih dahulu usai kalahkan Mark Lamsfuss/Marvin Seidel.

Baca: Dahsyat, Kevin/Marcus Lolos Semifinal Fuzhou China Open

LEAVE A REPLY