Kaws

IDNEWS.CO.ID – Brand pakaian Uniqlo kembali merilis ulang UT Kaws pada hari ini. Koleksi t-shirt ini cukup jadi rebutan di Indonesia lantaran berkolaborasi dengan seniman AS Kaws. 

Sembilan kaus pada seri ini akan kembali tersedia dengan harga yang sama, yakni Rp199 ribu. Hal ini menyebabkan terjadinya antrian panjang pengunjung. Melihat antusiame pengunjung bikin jadi penasarn, siapa sih Kaws itu?

Nama Kaws mungkin masih asing bagi sebagian orang. Namun setelah kolaborasinya beberapa waktu lalu dengan brand besar Uniqlo, nama Kaws terdengar istimewa.

Kaws adalah seorang seniman Pop Art asal Amerika Serikat, yang bernama asli Brian Donnelly. Dilansir laman Theartnewspaper, Kaws memulai kariernya dengan graffiti saat remaja dan membuat karya karya di jalanan sepanjang perjalanan kereta dari New Jersey hingga New York.

Sepanjang jalan itu tak lupa Kaws memberikan tagging pada dinding atau billboard yang ia temukan sepanjang jalan. Tagging yang ia gunakan teruinspirasi dari tokoh kartun Mickey Mouse, namun ia modifikasi dengan tanda X pada bagian mata. Nantinya tagging itu menjadi ikon ciri khas karyanya.

Pada awal tahun 1999 Kaws mulai tertarik untuk membuat action figure karakternya. ia menamakannya Companion. Ia juga diketahui bekerja sama dengan salah satu brand kontemporer Jepang Bounty Hunter.

Tak hanya itu, Kaws juga tercatat pernah berkolaborasi dalam musik. DIlansir laman Hypebeast, Kaws menyebut dirinya sebagai seniman yang tak terbatas ruang dan waktu. Ia pernah berkolaborasi dengan Kanye West untuk cover album yang bertajuk 808s & Hearbreak.

Kaws juga melebarkan sayapnya ketika berkolaborasi bersama Brand Dior. Saat itu namanya mankin melejit dan jadi topik hangat di dunia fashion. Bahkan patung BFF yang berwarna merah muda karya Kaws menghiasi panggung pertunjukan fashion Dior di Paris pada 2018 lalu.

Sukses dengan Dior, Kaws seakan menunjukan bahwa dirinya mampu bekerja sama dengan produk-produk komersial, dan non-komersial. 

Mulai dari bekerja sama dengan Museum Modern of Art, atau MoMA hingga produk Uniqlo. Hal ini tentu menjadi hype bagi anak muda, pasalnya harga selangit Dior kini bisa dibeli dengan harga ratusan ribu rupiah dengan Uniqlo. Karena itu tak heran jika antrian panjang menghiasi store-store Uniqlo.

LEAVE A REPLY