Ilustrasi Tuhan meninggikan orang yang rendah hati. Foto: Lentera Hidup

IDNews.co.id – Mengenal Makna Dan Arti Rendah Hati. Kata Rendah hati mungkin setiap orang juga akan tahu dengan kata yang satu ini, namun masih banyak juga yang belum mengenal makna dan arti dari rendah hati itu sendiri.

Rendah hati hanyalah kata yang mungkin sudah jarang dimiliki orang didunia, lantaran pada zaman kini ini aneka macam orang yang besar hati dengan kelebihan yang dimilikinya, contohnya arogansi kekuasaan dan kekayaan yang dimiliki, serta memamerkan kehebatan yang dimilikinya yang sangat bertolak belakang dengan sifat rendah hati.

Rendah hati artinya sifat eksklusif yang bijak pada seseorang, sanggup memposisikan sama antara dirinya dengan orang lain, merasa tidak lebih pintar, baik, mahir, serta tidak merasa lebih tinggi atau mulia, juga sanggup menghargai Orang dengan tulus.

Kerendahan hati itu sifat yang sangat penting untuk dimiliki setiap orang lantaran rendah hati merupakan salah satu indikator dari tingginya kecerdasan spiritual dari seseorang. Karena Seseorang belum sanggup mencapai kedamaian dengan dirinya, kalau tidak bisa mengatakan perilaku atau huruf rendah hati dalam dirinya.

Pribadi yang mempunyai sifat rendah hati biasanya memandang bahwa orang lain sama sebagai ciptaan Tuhan yang mempunyai keunikan dan keistimewaan masing-masing, jadi beliau akan senantiasa menciptakan orang lain merasa penting dalam kehidupannya. Karena gotong royong setiap eksklusif mempunyai keistimewaan masing-masing. Dan setiap orang juga ialah spesial, unik, serta berhak untuk dihargai. Setiap insan didunia ini ialah eksklusif yang harus diperlakukan khusus dan tidak untuk dibeda-bedakan. Kerena insan juga ialah makhluk yang sangat sensitif. Untuk meyakinkan biar tidak mencurigai hal ini, coba lihat diri sendiri dan perhatikan betapa mudahnya kita merasa tersakiti atau tersinggung.

Ciri Orang yang Rendah hati mereka akan berusaha bahagiakan hati Setiap Orang dengan tulus. Misalnya Jika seorang bapak yang rendah hati, maka keluarganya akan menghormatinya dengan tulus. Dan kalau seorang ibu yang rendah hati, maka tentu anak-anaknya akan senantiasa merindukan. Termasuk kalau seorang pemimpin yang rendah hati, tentu akan menginspirasi hati dari seluruh rakyatnya. Untuk itu mari kita berguru untuk rendah hati untuk mendapatkan kebahagiaan dan kedamaian dalam jiwa yang seutuhnya, dengan cara mengagumi dan mengapresiasi kelebihan Orang-Orang yang ada didekat kita yang tidak kita miliki.

Ciri rendah hati lainnya yaitu dengan mau mendengarkan pendapat, saran dan juga mendapatkan kritik dari Orang lain. Untuk itu kita harus bisa memahami semua itu dan jangan gampang negative thinking, lantaran dengan pendapat, saran dan kritik juga merupakan hal yang sanggup membangun kita menjadi semakin lebih baik.

Ciri eksklusif rendah hati selanjutnya dengan senantiasa tanggung jawab serta berani mengakui kesalahan dan meminta maaf dengan tulus kalau melaksanakan kesalahan yang disengaja atau tidak disengaja sekalipun atau menyinggung perasaan orang lain. Pribadi rendah hati yaitu insan yang sangat peduli dengan perasaan orang lain.

Makna Rendah hati pada hakekatnya yaitu kesadaran akan keterbatasan dari kemampuan diri, jauh dari kesempurnaan dan terhindar dari setiap bentuk kesombongan dan keangkuhan. Rendah hati juga akan mendorong untuk terbentuknya perilaku realistis, ingin membuka diri untuk sanggup terus belajar, menghargai dan mendengar pendapat dari orang lain, memelihara dan menumbuh kembangan perilaku tenggang rasa, serta mewujudkan perilaku kesederhanaan, juga penuh dengan rasa syukur dan nrimo di dalam menjalani hidup.

Makna lain dari Rendah hati juga bukan berarti untuk merendahkan diri dan menutup diri, akan tetapi secara aktif mendengarkan, berbagi, dan berempati sehingga tumbuh dan terjalin korelasi yang serasi dua arah. Rendah hati sanggup menyesuaikan kondisi antara emosi dan egonya untuk menempati kondisi emosi dan ego lawan bicaranya, sehingga Orang tersebut akan merasa didengarkan dan dihargai.

Coba untuk Anda bayangkan kalau ada Orang yang mempunyai sifat rendah hati yang ramah, menghormati sesama dan suka melayani dengan tulus, niscaya Anda akan terkesan dan menyukai Orang tersebut. Oleh lantaran itu, sebaiknya tanamkan dan tumbuhkanlah sifat eksklusif rendah hati dalam diri Anda untuk mendapatkan kehidupan yang senang dan mencicipi kedamaian dalam hati Anda sepenuhnya.

Itulah Tulisanku wacana Mengenal makna, ciri, dan Arti kata rendah hati yang mudah-mudahan sanggup bermanfaat untuk kini ini.(far/fat)