Touring d empat kota bersama Suzuki GSX150 Bandit.

IDNEWS.CO.ID – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) baru saja merilis produk barunya kepada publik. Produk anyar tersebut dinamakan Suzuki GSX150 Bandit. Untuk memperkenalkan produk ini lebih dekat kepada konsumen, Suzuki menghelat acara touring yang mengangkat tema GSX150 Bandit Touring Teman Satu Tujuan.

Touring ini melewati empat kota yang ditempuh melalui perjalanan darat, dimulai dari Surabaya dan berakhir di Bandung. Acara ini berlangsung seru selama empat hari mulai 22-25 Oktober 2018. Setidaknya, ada 15 rider yang turut berpartisipasi dalam acara ini. Mereka semua mengeksplorasi potensi yang dimiliki Suzuki GSX150 Bandit sekaligus memperkenalkan rute touring yang menyenangkan sekaligus menantang untuk penggemar touring lainnya.

Ke-15 orang peserta yang menjadi rider utama tersebut terdiri dari 13 jurnalis media yang telah memiliki catatan jam terbang dan pengalaman touring cukup tinggi dan profesional dalam segi safety riding. Selain itu, terdapat pula 2 lady bikers yang ikut serta dalam tim.

“Perjalanan cukup jauh ini berbeda karena ada 2 lady bikers di dalamnya. Ini bisa sebagai bukti bahwa Suzuki GSX15 Bandit itu nyaman dan bisa digunakan untuk touring oleh siapa saja,” jelas Aceng Ulumudin selaku Sales Area East Java, Sulawesi & East Indonesia 2W Section Head PT SIS.

Rute etape pertama dimulai dari kota Surabaya menuju kota Tulungagung, Jawa Timur. Rute yang dipilih adalah lalu lintas padat perkotaan Surabaya hingga Sidoarjo, kemudian jalan alternatif menuju Mojosari untuk mencapai jalur Pacet – Batu. Setelah di kota Batu, Malang rombongan melanjutkan perjalanan ke kota Kediri melalui Pare yang juga dipenuhi jalanan berkelok dan elevasi cukup menguras tenaga untuk di hari pertama. Perjalanan ditutup dengan finish di kota Tulungagung.

Di hari kedua, rombongan tim Suzuki GSX150 Bandit Touring Teman Satu Tujuan bertolak dari Tulungagung menuju DIY Yogyakarta melalui jalur sepi yang memiliki ribuan kelokan dan kontur elevasi di Pacitan, untuk menguji kenyamanan suspensi dan jok yang diunggulkan oleh Suzuki GSX150 Bandit.

Perjalanan sejauh 243 kilometer tersebut dinikmati oleh seluruh rider karena motor yang dipergunakan telah didukung keunggulan pada kenyamanan jok serta racikan kelembutan suspensi yang tepat untuk sebuah sepeda motor sport naked 150cc tersebut.

Terlepass dari rute perjalanan dengan kelokan tiada henti, rombongan tim GSX150 Bandit meninggalkan DIY Yogyakarta menuju kota Pangandaran, Jawa Barat di etape ke-3 dengan tantangan baru yang berbeda dan tak kalah seru. Rute yang dipilih untuk etape ke-3 merupakan rute terpanjang dari keseluruhan etape yang dihadapi, namun memiliki karakter yang berbeda dari sebelumnya.

Jarak perjalanan sepanjang 340 kilometer merupakan tantangan yang tidak bisa dipandang sebelah mata, karena dibutuhkan konsentrasi dan daya tahan fisik rider maupun sepeda motor yang baik dan optimal. Perjalanan dari DIY Yogyakarta dilanjutkan ke kota Kebumen melalui jalan Daendels yang sangat terkenal dengan lintasannya yang lurus dan mulus sepanjang 53 km dihitung dari perbatasan Provinsi DIY Yogyakarta dan Jawa Tengah, hingga daerah Petanahan, Kebumen.

Usai Kebumen, para rider beranjak menuju kota Cilacap melalui jalan Nasional, selatan Pulau Jawa, kemudian dilanjutkan hingga berhenti di pantai Pangandaran untuk bermalam. Tipikal lintasan cenderung mendatar dan lebar memberikan keleluasaan bagi para rider untuk berkendara lebih santai walau dengan kecepatan yang terjaga konstan.

Usai memuaskan diri di Pantai Pangandaran, rider melakukan perjalanan etape 4 yang sekaligus menjadi etape terakhir menuju kota Bandung. Rute yang ditempuh menggabungkan pengamanan dari etape 1, 2, dan 3 sehingga sangat menguras tenaga para rider. Dimulai dengan cuaca hujan di Pangandaran, para rider tetap semangat untuk melakukan perjalanan.

Jika di etape 1 para peserta menghadapi rute lalu lintas perkotaan yang padat, etape 2 menikmati jalur perbukitan berkelok-kelok dan etape 3 yang diisi jalan mulus dan cepat serta pesisir pantai. Maka etape 4 merupakan penggabungan dari seluruh tantangan tersebut dalam satu hari sepanjang 292 kilometer. Jalur pesisir pantai selatan jawa barat dari Pangandaran sampai Pamengpeuk sangatlah eksotis dan wajib menjadi daftar perjalanan seluruh penghobi touring.

Ditambah daerah perbuktian berkelok dari Pamengpeuk menuju Garut yang sangat menyegarkan sambil meinkmati pemandangan perkebunan teh di bawah kaki gunung Papandayan.

Jika ditotal, jarak tempuh yang telah dilalui para rider mencapai 1.105 kilometer (melebihi target 1000 km). Hal ini berhasil menjadi inisiasi sekaligus menebar tren baru untuk menggunakan Suzuki GSX150 Bandit sebagai kendaraan pilihan dalam menggiati hobi touring baik jarak dekat maupun jarak jauh.

“Dalam perjalanan touring beberapa hari penuh kebersamaan ini, kita semua merasakan seluruh perbedaan karakter yang beragam, namun justru membuat keindahan dan rasa perjalanan yang lengkap dan menyenangkan. kesimpulannya adalah pentingnya persiapan matang sebelum melakukan perjalanan agar tetap safety dan menyenangkan,” jelas Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Department Head PT SIS. (ndi)

LEAVE A REPLY