Menu berbuka puasa. Foto: Konsultasi Syariah

IDNews.co.id – Saat berpuasa, masalah utama yang seringkali di alami badan yakni kekurangan cairan atau dehidrasi. Situasi itu juga beresiko pada kulit.

Kulit yang tidak terhidrasi dengan baik, dapat menyebabkan kekeringan. Untuk itu, perlu memelihara kulit tetap lembap alami selama menggerakkan beribadah puasa.

” Perlu saat berpuasa itu yaitu mengkonsumsi jus buah. Karena dari jus buah yang dikonsumsi itu, cairannya dapat memenuhi kebutuhan badan, terutama saat berpuasa, ” tutur dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Tina Wardhani SpKK (K).

Tak cuma cairan, kebutuhan akan vitamin yang terdapat dalam buah-buahan dapat juga berikan kegunaan baik pada badan di saat berpuasa. Terutama, jus buah juga aman dikonsumsi untuk mereka pengidap diabetes.

” Bila kasusnya juga diabetes, minum jus buah itu aman sekali. Asal jangan ditambah dengan pemanis sekali lagi. Sop buah baiknya untuk tidak orang diabetes, tapi buat mereka yang non diabetes saja, ” lebih dokter Tina.

Dokter Tina merekomendasikan supaya pembuatan jus buah juga dipadukan dengan buah beda atau penambahan sayur. Buah atau sayur yang paling di rekomendasikan, yakni yang memiliki kegunaan vitamin C yang tinggi.

” Vitamin C itu bagus itu regenerasi kulit, jadi bila dapat mencari buah dengan sumber vitamin C yang banyak seperti tomat, jeruk, pepaya. Cobalah gabungkan dengan buah beda supaya bisa kegunaan banyak vitamin sekalian, ” katanya. (ndi)

LEAVE A REPLY