IDNEWS.CO.ID – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengatakan, kegiatan Car Free Day atau CFD di beberapa lokasi di Ibu Kota akan diteruskan pada minggu depan.

“Mengenai kegiatan CFD kita lakukan penyebaran di 32 lokasi dan namanya bukan CFD. Namanya kawasan pesepeda. Karena untuk dorong orang gunakan sepeda supaya jarak aman tercapai,” kata Anies di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu, 1 Juli 2020.

Anies menuturkan, masalah utama CFD begitu banyak orang berkerumun jalan kaki dengan jarak dekat. Maka ia mendorong para pesepeda, karena sepeda pasti berjarak.

“Minggu depan akan diteruskan itu. Di sisi lain kita sadari masyarakat sudah pingin olahraga. Bahkan kawasan Gelora Bung Karno antre,” katanya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan 32 lokasi pengganti kegiatan Hari Bebas Kendaraan (HKB) atau Car Free Day di MH Thamrin dan Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, 32 lokasi di tersebar di lima wilayah Kota Administrasi.

Kata dia, pengalihan kawasan HBKB tersebut hanya diperuntukkan untuk aktivitas olahraga seperti bersepeda dengan tujuan untuk meminimalisir kerumunan orang.

“Berdasarkan evaluasi HBKB Sudirman-Thamrin dan untuk menghindari kerumunan orang, maka kami memfasilitasi pesepeda pada 32 lokasi. Dengan demikian, tidak akan terjadi kerumunan,” kata Syafrin. (fat)

LEAVE A REPLY