Bus TransJakarta

IDNews.co.id – PT Transportasi Jakarta atau TransJakarta buat layanan baru rute Ragunan-Monas melalui Jalan Pangeran Antasari. Rute ini efisien berlaku mulai Senin, 13 November 2017 mendatang.

Direktur Utama Transjakarta Budi Kaliwono menyampaikan, modifikasi rute itu dilakukan untuk menindaklanjuti instruksi gubernur dan wagub DKI Jakarta, tentang sejumlah ruas jalan yang mengalami kemacetan karena pembangunan proyek infrastruktur.

” Rute ini sudah dijalankan uji coba selama dua minggu. Konsentrasi pada pelanggan yang tinggal di selatan Jakarta yang pergi bekerja pada pagi hari, ” kata Budi.

Menurut dia, saat tempuh untuk rute Ragunan-Monas melalui jalur Pangeran Antasari, Jakarta Selatan, cuma satu jam. Durasi ini lebih singkat dibanding Ragunan-Monas lewat Semanggi atau pun Kuningan yang dapat mencapai lebih dari dua jam.

Mengenai rute baru ini dapat melayani Halte Ragunan, Departemen Pertanian (Deptan), Halte Bundaran Senayan (Bunsen), Halte Gelora Bung Karno (GBK), Halte Polda, Halte Bendungan Hilir, Halte Karet, Halte Dukuh Atas 1, Halte Tosari, Halte Sarinah, Halte Bank Indonesia (BI), dan Halte Monas.

Berdasarkan hasil uji-coba itu juga diperoleh saat tempuh rute dari Halte Ragunan hingga Halte Bundaran Senayan cuma 50 menit. ” Pencapaian itu membantu pelanggan TransJakarta untuk terintegrasi dengan layanan yang lain yang disiapkan perusahaan transportasi punya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu, ” kata Budi.

Pelanggan TransJakarta yang turun di Bundaran Senayan dapat tersambung dengan service Blok M-Kota (koridor 1), Ciputat-Tosari, Poris-Bundaran Senayan, Puri Beta-Hotel Indonesia, TU Gas-Bundaran Senayan, Manggarai-Blok M.

Budi meyakinkan, rute Ragunan-Monas melalui ruas Jalan Pangeran Antasari dapat menjauhkan kepadatan jalan raya di Mampang, imbas pembangunan terowongan (underpass) Mampang-Kuningan ataupun proyek Light Rail Transit (LRT). Rute Ragunan-Monas lewat Jalan Pangeran Antasari beroperasi mulai jam 06. 00 WIB sampai 09. 00 WIB.

Sebelumnya, TransJakarta sudah buat rute Monas – Ragunan lewat koridor 13 yang dapat menghemat saat tempuh. Rute ini adalah sisi dari tiga rute ekspres dan tiga rute lintas yang mulai diaplikasikan Senin, 23 Oktober 2017.

Enam layanan baru ini, yaitu rute lintas Pulogadung – Serasi (lewat koridor 10 dan 4), rute ekspres PGC – Tanjung Priok (lewat tol) dan Tanjung Priok – PGC (lewat tol), rute lintas Cililitan – Dukuh Atas (lewat koridor 10 dan 4), rute lintas Kampung Rambutan – Kampung Melayu (via tol), dan rute lintas Monas – Ragunan (via koridor 13). (ndi)

LEAVE A REPLY