MENUNGGU PEMBELI: Pedagang Pasar Senen Blok VI tertidur karena sepinya pembeli ditempat tersebut, Kamis(7/12/2017)

IDNews.co.id – Nasib pedagang Pasar Senen Blok VI, Jakarta Pusat semakin memprihatinkan. Selain keselamatannya terancam karena kondisi bangunan yang sudah tua, omset mereka juga turun drastis karena pembeli semakin berkurang. Bahkan, tidak jarang pedagang sampai harus tertidur di lokasi berjualan akibat bosan menunggu pembeli yang tak kunjung datang.

Dari pantauan IDNews, di lantai 2 Pasar Blok VI terlihat hanya satu dua pengunjung saja yang terlihat. Sejumlah pedagang yang masih bertahan, mengaku kebingungan karena tidak tahu lagi akan bekerja apa selain berjualan.

“Kondisi pasar yang kumuh dan bangunannya tua karena tak kunjung direnovasi membuat pembeli tidak mau datang. Akibatnya omset pedagang dari hari ke hari semakin anjlok, tuh lihat saja pedagang banyak yang tidur-tiduran di toko mereka saking tidak adanya pembeli,” ujar Ketua Tim 33 Pedagang Pasar Senen Blok VI, dan juga koordinator pedagang Usdin Nainggolan, sambil menunjuk ke arah seorang ibu pedagang pakaian yang tertidur di atas lapaknya, Kamis (7/12/2017).

Diungkapkan Usdin, para pedagang menginginkan Perusahaan Daerah (PD) Pasar Jaya serius dalam melaksanakan revitalisasi pasar tradisional. Pihaknya berharap Dirut PD Pasar Jaya Arief Nasrudin menuntaskan pembangunan pasar yang bersebelahan dengan Terminal Bus Pasar Senen itu.

“Apalagi seluruh persyaratan administrasi sudah sesuai ketentuan hukum dan sudah disepakati antara PD. Pasar Jaya dengan pengembang. Dan sepengetahuan kami, sudah satu bulan lebih dokumen perjanjian kerja sama (PKS) tersebut berada di meja pak Dirut. Harusnya revitalisasi bangunan pasar ini segera bisa dilakukan dong,” kata dia.

Usdin mengaku, pihaknya bersama puluhan pedagang pasar Blok VI telah melakukan pertemuan dengan pihak PD Pasar Jaya, di Cikini Jakarta Pusat, Selasa (5/12/2017) lalu. Namun belum ada kejelasan, “Masih disuruh menunggu lagi, sampai kapan? Apa memang mata pencaharian kami sengaja dimatikan?”,” keluhnya.

Pihaknya kata Usdin saat ini tengah berkoordinasi dengan seluruh pedagang untuk segera memaparkan kondisi pasar langsung kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sebabnya, berbagai upaya komunikasi kepada Dirut PD Pasar Jaya tak kunjung mendapat tanggapan.

“Kami sudah bicarakan dengan rekan-rekan pedagang lainnya untuk mengadukan persoalan Pasar Blok VI ini kepada Gubernur Anies Baswedan. Kami akan sampaikan langsung ke Gubernur agar paham kondisi sebenarnya. Bukan laporan yang asal bapak senang!” kata dia dengan nada meninggi. (ndi)

LEAVE A REPLY