Timnas U-19 tinggalkan tanah air untuk berlatih ke Thailand.
Timnas U-19 tinggalkan tanah air untuk berlatih ke Thailand.

IDNEWS.CO.ID –  28 pemain Tim Nasional Indonesia U-19 tak bisa bersantai-santai setibanya di Thailand. Mereka akan disambut dengan tes fisik dan pemeriksaan kesehatan beberapa hari setelah tiba di Negeri Gajah Putih.

PSSI mengirim 28 pemain di luar Garuda Select untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) di Chiang Mai, Thailand, mulai 20 Januari 2020 hingga 1 Februari 2020. Langkah ini diambil sebagai salah satu persiapan menyambut Piala Dunia U-20 2021.

Tentunya, pemusatan latihan ini tak bakal main-main. Sebab, PSSI ingin mencari komposisi pemain terbaik untuk berlaga di turnamen tersebut.

Maka itu, parameter pemilihan pemain tak hanya mengandalkan fisik dan teknik saja. Tapi, juga dari berbagai aspek.

“Di tanggal 22 kami akan melakukan tes fisik dan juga ada pemeriksaan kesehatan,” kata asisten manajer pelatih Timnas, Indra Sjafri, ketika ditemui di Bandara Soekarno-Hatta, Senin 20 Januari 2020.

“Jadi kami tak hanya mengukur dari skill di lapangan atau pemahaman taktikal saja, tapi juga dari parameter lainnya,” lanjut dia.

Di sisi lain, asisten pelatih Timnas U-19, Nova Arianto, mengungkapkan tes fisik dilakukan demi mengetahui kemajuan yang dialami para pemain usai seleksi pada 13-17 Januari silam. Kala itu, manajer pelatih Shin Tae-yong sempat menyebut kondisi fisik penggawa Garuda Nusantara tak terlalu baik.

“Kalau dilihat dari pertama kali bergabung saya lihat cukup jauh membaik ya. Mungkin itu jadi parameter juga untuk coach Shin menunjuk 28 pemain untuk ikut TC ini,” ungkap Nova.

Baca: Waduh, Messi Lamongan Hengkang dari Persela

LEAVE A REPLY