Taksi di Korea Utara

IDNews.co.id – Mendapat label negeri terisolasi dunia, Korea Utara tak lalu ketinggalan dengan tren teknologi digital. Sekarang ini, warga Korut sedang gandrung taksi online, teristimewa warga kelas atas.

Penduduk Korea Utara yang kaya, sedang demam taksi on-demand, seperti layanan Uber. Orang-orang yang menginginkan menggunakan taksi, tinggal menelepon dan taksi akan menjemput di depan rumah mereka.

” Orang kaya yang tinggal di perkotaan, tinggal menelepon taksi untuk menjemput mereka segera di depan rumah untuk acara khusus seperti liburan dan ulang tahun. (Taksi itu) akan mengantar mereka menuju tempat makan favoritnya, ” jelas salah seorang sumber di Pyongsong, Korea Utara pada Daily NK yang dilansir Bussiner Insider.

Taksi ini cuma terima pembayaran menggunakan dolar Amerika dan Yuan China. Harganya juga lebih mahal mencapai tiga kali lipat dari biaya taksi umum, mencapai US$1-2. Dengan pendapatan rata-rata pekerja Korea Utara cuma US$4 /harinya, harga itu sangat mahal.

Sopir taksi jadi idaman

Bersamaan dengan demam taksi online, sopir taksi jadi salah satunya pekerjaan terpopuler di Korea Utara terakhir ini. Salah satu alasannya yaitu pemasukan jadi sopir taksi sangat tinggi dan mereka terima mata uang asing sebagai alat pembayarannya.

Satu tahun lebih lalu, seorang sopir bisa mempekerjakan calo yang akan mencari pelanggan untuk sang sopir. Dengan cuma mencari pelanggan, para calo sanggup memperoleh US$50 /harinya. Jika calo dapat mendapatkan uang sekitar itu, sopir taksi mendapatkan semakin banyak daripada itu.

Sopir taksi di perusahaan taksi mendapatkan semua uang yang mereka bisa setiap harinya.

Persaingan taksi

Keuntungan-keuntungan yang diperoleh sopir taksi buat menjamurnya sejumlah perusahaan taksi di Korea Utara. Diluar itu, lebih dari satu usaha juga memasukkan service taksi sebagai salah satunya pelayanannya. Seperti pada 2014, perusahaan transportasi The Daedong River Passenger buat nomor telepon panggil taksi yakni 186.

Perusahaan penerbangan Air Koryo, pada 2015, meluncurkan taksi punya mereka dengan pilihan mobil, minivan, dan SUV. Tahun selanjutnya klub judi Mirim Horse Riding Club buat layanan taksi mereka sendiri. Ski Resort Masikryong juga buat perusahaan taksi punya mereka. (ndi)

LEAVE A REPLY