Ilustrasi menggunakan lensa kontak. Foto: Netralnews.com

IDNEWS.CO.ID – Pemakaian lensa kontak memang memudahkan dalam menopang pandangan. Tidak cuma itu, menggunakan lensa kontak bisa juga menyempurnakan penampilan. Tetapi hal ini dapat jadi beresiko sewaktu lupa untuk melepasnya saat tidur dan saat mandi. Perihal ini pula yang terjadi pada seorang pria bernama Nick Humphreys.

Dia mulai pakai lensa kontak untuk menaikkan penglihatannya saat main sepakbola. Tapi lensa kontak itu akhirnya membuat buta di satu mata saat dia menggunakannya saat mandi. Ini menyebabkan timbulnya Acanthamoeba keratitis (AK)- infeksi parasit langka di kornea kanannya.

“Waktu pagi hari aku bangun, pasang lensa aku dan pergi ke gym sebelum kerja. Aku mandi sebelum ketujuan ke kantor. Aku tidak memikirkannya saat itu. Aku tidak sudah pernah diberitahu untuk tidak pakai lensa kontak di kamar mandi, tidak ada peringatan pada paket dan ahli kacamata aku tidak sudah pernah menuturkan risikonya,” kata Nick seperti dilansir Metro.co.uk

Nick cuma memahami ada suatu yang salah pada Januari 2018, sewaktu ia melihat guratan di mata kanannya. Dalam hari selanjutnya dia tidak bisa melihat dengan sempurna.

Dia menerka ia telah menggaruk matanya dengan masukkan lensa, tetapi seiring waktu berjalan, setelah sejumlah minggu, kerusakan matanya justru kian serius.

Sewaktu itu tidak tambah baik, ia pergi menjumpai ahli kacamata, yang mengatakan ia memiliki bisul di matanya dan memberi saran untuk segera pergi ke Rumah Sakit Royal Shrewsbury.

Nick lalu di uji untuk Acanthamoeba keratitis (AK) atau infeksi kornea yang dikarenakan oleh organisme mikroskopis bernama Acanthamoeba. Satu minggu lalu, dokter memberi kabar Nick kalau dinyatakan positif menderita AK, dan bikin matanya buta.

Jadi informasi, Acanthamoeba yakni nama organisme kecil dengan cuma satu sel. Keratitis yakni nama untuk peradangan pada kornea. Acanthamoeba biasanya ditemukan di tanah dan di air, contohnya di air keran panas dan dingin, kolam renang, bak air panas dan air laut.

Di Inggris, kebanyakan orang yang menderita keratitis Acanthamoeba pakai lensa kontak. Seputar 1 dari 30.000 pengguna lensa kontak terinfeksi karena menggunakan air keran untuk bersihkan atau menaruh lensa kontak atau memiliki kebersihan lensa kontak yang jelek menaikkan resiko infeksi.

Mengenakan lensa kontak saat berenang atau mandi menaikkan resiko. Begitupun masukkan lensa dengan tangan basah dari air keran. (ach)

LEAVE A REPLY