Ilustrasi masker kain.

IDNEWS.CO.ID – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga, punya kiat agar keluarga terlindungi dari penularan virus corona atau COVID-19. Menteri yang akrab disapa Bintang Puspayoga ini mengatakan, peran perempuan amat penting sebagai manajer dalam keluarga.

Di masa pandemi, manajer dalam keluarga, harus sering mengingatkan kepada anak, suami atau anggota yang berada di rumah untuk selalu menggunakan masker. Penggunaan masker penting baik ketika beraktivitas di luar rumah atau pun di dalam rumah.

Baca Juga: Jangan Lakukan 4 Hal Ini Demi Turunkan Kasus COVID-19

“Dalam kesempatan ini, terutamanya perempuan sebagai manajer rumah tangga, harus mengingatkan keluarganya. Walaupun di dalam rumah, kami sarankan untuk tetap memakai masker. Apalagi di dalam keluarga ada kelompok rentan balita dan lansia,” kata Puspayoga di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis, 24 September 2020.

Puspayoga mengatakan, potensi penularan klaster keluarga terjadi lantaran masih ada satu, dua orang beraktivitas atau bekerja di luar rumah. Ia memohon, agar jika terdapat masih ada anggota keluarga masih beraktvitas di luar rumah, perlunya disiplin mengikuti protokol kesehatan.

Ilustrasi masker scuba.

“Sebelum masuk rumah, saya sarankan harus bersih-bersih badan semuanya dulu.Baru lah berinteraksi dengan keluarga,” ucap dia.

Puspayoga juga mengatakan, kementeriannya terus menerus mengampanyekan gerakan 3M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Pihaknya juga melibatkan forum anak yang tersebar di seluruh Indonesia dan para pemerhati perempuan.

“Di mana mereka sebagai pelopor dan pelapor. Ini juga bisa menjadi hal-hal dan kita ajak untuk mensosialisasikan dan mengampanyekan secara masif berkaitan dengan 3M ini,” kata dia.

LEAVE A REPLY