Dashboard Mobil. Foto: Kabaroto.com

IDNews.co.id – Jika mobil kerap parkir diluar tempat, tapi segera terkena paparan cahaya Matahari, tak hanya eksterior yang terkena imbasnya. Lantaran, akan juga merusak interior.

Sisi yang paling kentara dirusak oleh cahaya ultraviolet merupakan dasbor, karena terbuat berbahan plastik dan membuatnya akan kusam.

Untuk menyiasatinya, beberapa orang menggunakan cara sederhana, seperti mengulaskan minyak zaitun atau lotion untuk badan. Cara barusan dianggap ampuh, karena tidak hanya ongkosnya murah, sederhana dan dampaknya segera nampak.

Professional Detailer dari Meguiars Indonesia, Deni Yohanes mengatakan, cahaya ultraviolet memang sanggup menyebabkan tidak baik buat dasbor yang terbuat dari plastik. Dampaknya penuaan akan lebih cepat dan mudah terkelupas. Maka bukan sekedar membuatnya cepat kusam.

Kata Deni, sebagian orang biasanya menggunakan minyak zaitun dan lotion untuk kulit biar penampilan dasbor tetap mengkilap. Akan tetapi, kata dia, cara barusan tak semuanya benar, karena ada cairan teristimewa membuat perlindungan dasbor biar tak cepat kusam.

“Untuk periode panjang saya tidak menganjurkan menggunakan minyak zaitun dan lotion, paling lama tiga hingga empat bulan. Jika senantiasa dipaksakan gunakan minyak zaitun atau lotion, dampaknya dasbor akan pecah-pecah pada permukaannya, ” pungkasnya terhadap wartawan, Jumat (6/7/2018).

Oleh karenanya, Deni menganjurkan jangan terus-menerus memarkirkan kendaraan diluar tempat yang segera terkena cahaya Matahari. Kata dia, seandainya memang terpaksa caranya cukup menutupi dasbor dengan bahan karet untuk melindunginya dari cahaya UV.(ndi)

LEAVE A REPLY