Nasional

Pelaku Penembak Anjing di Bekasi Diburu Polisi

IDNEWS.CO.ID –  Kasus penembakan anjing bernama Xena yang dilaporkan ke polisi nomor LP/516/K/III/2018/SPKT/Restro Bks Kota, pada 9 Maret 2018, memasuki tahap penyidikan.

Penembakan yang terjadi pada 27 Februari 2018 di Bekasi itu, diduga dilakukan S, oknum CV Tytyan Abadi yang juga menjabat RT. Diduga kuat, penembakan dilakukan menggunakan senapan angin. Dalam perkara ini, S diduga telah melakukan tindak pidana penganiayaan hewan berdasarkan Pasal 302 KUHP. Ancamannya, penjara sembilan bulan.

Anjing Xena mengalami kelumpuhan dan dari hasil x-ray ditemukan 2 (dua) buah peluru pada daerah tulang belakang namun peluru tidak dapat diangkat karena posisi peluru menempel pada tulang. Sehari-harinya, Xena dirawat di Rainbow Sanctuary Indonesia, shelter milik Erika Kusuma, hingga akhirnya Xena menghembuskan nafas terakhirnya.

Selanjutnya pada 31 Desember 2020, Polres Metro Bekasi Kota melakukan pemeriksaan atas saksi Irene yang didampingi dua kuasa hukum yakni Umbu Samapaty dan Josia Sihombing.

Artikel Terkait

Disampaikan Irene, penyidik melakukan konfirmasu atas pernyataan yang telah diambil sebelumnya dalam proses lidik di Kepolisian. Selanjutnya, saksi berharap penyidik segera mengusut kepemilikan senjata yang digunakan terlapor.

Alasannya, sejauh ini, penyidik belum melakukan penyitaan barang bukti berupa senapan angin yang digunakan terlapor. Kabarnya, barang bukti tersebut sudah dijual.

Kepemilikan senapan angin harus memiliki izin dari kepolisian dan berbagai persyaratan untuk mencegah penyalahgunaannya sebagaimana diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 8 Tahun 2012. Apabila tidak memiliki izin tersebut, terlapor diancam dengan sanksi pidana hukuman mati atau penjara seumur hidup atau penjara sementara maksimal 20 (dua puluh) tahun sesuai Pasal 1 ayat (1) UU Darurat 12/1951.

Selain itu, jika terlapor terbukti menghilangkan barang bukti maka dapat dikenakan sanksi pidana penjara 9 (sembilan) bulan, berdasarkan Pasal 221 KUHP. (mus)

Back to top button

Adblock Aktif

Mohon Non - Aktifkan Adblock Pada Browser Anda !