Ilustrasi ISIS. Foto: Washington Examiner

IDNEWS.CO.ID – Suara mirip Abu Bakar al-Baghdadi, pemimpin kelompok ISIS menyatakan bahwa perang melawan AS dan sekutunya masih jauh dari selesai.

Suara itu memberi tahu para pendukungnya selama rekaman audio berdurasi lebih dari 30 menit bahwa AS “sekarang tenggelam dalam rawa-rawa” Irak dan Afghanistan. Ia menambahkan AS tidak berdaya untuk membantu sekutunya di wilayah itu dan juga di seluruh dunia.

“Tidak bisa berbuat apa pun selain memberikan omong kosong dan janji-janji palsu kepada mitranya,” kata suara itu sebagaimana diterjemahkan oleh kelompok intelijen SITE, pada Selasa (17/9/2019).

Para pejabat AS mengatakan para analis sedang meninjau pidato itu, yang dikeluarkan oleh divisi media ISIS-Furqan pada Senin (16/9/2019), beberapa jam setelah merujuk perilisan berikutnya.

Jika dikukuhkan, itu akan menjadi pesan pertama dari Baghdadi yang berusia 48 tahun sejak April. Saat itu ia muncul dalam video berdurasi 18 menit, mendesak para pengikutnya untuk membalas dendam atas runtuhnya kekhalifahan kelompok itu di Suriah dan Irak. (ach)

LEAVE A REPLY