Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

IDNEWS.CO.ID – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapat hingga 100 ribu alat ‘rapid test’ atau pengujian cepat untuk corona.

Menurut Anies yang juga mantan Mendikbud ini, 100 ribu alat rapid test, hingga 50 ribu masker, didapat dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

“Alhamdulillah, malam ini tiba 100 ribu alat rapid-testing dan 50 ribu masker untuk digunakan di Jakarta,” ujar Anies, dikutip dari Instagram resminya, @aniesbaswedan pada Senin, 23 Maret 2020.

Anies mengungkapkan, ribuan alat itu disimpan di sejumlah tempat di Balai Kota. Anies juga memuji Buddha Tzu Chi, di mana yayasan itu tertib administrasi dengan menyumbang ke Gugus Tugas Covid-19 Nasional, lalu diberikan ke Gugus Tugas DKI.

“Terima kasih kami pada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Hari Sabtu kemarin mereka mengabarkan, dan sesuai rencana: Senin tiba di Jakarta,” ujar Anies.

Menurut Anies, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI akan menggunakan alat-alat untuk mengetes warga yang sebelumnya sudah diduga dijangkiti corona. Pemprov DKI tidak akan serampangan menggunakan alat, misalnya untuk melakukan tes massal, sehingga malah banyak alat yang akan menjadi mubazir jika penggunaannya seperti itu.

“Alat rapid-testing ini bukan digunakan secara random, dan bukan pula untuk dilakukan pengetesan massal di kawasan terbuka.? Dinas Kesehatan DKI telah memiliki prosedur dan kriteria orang-orang yang diprioritaskan untuk memeriksakan diri,” ujar Anies.(fat)

LEAVE A REPLY