Pemudik Diprediksi Bakal Padati Stasiun Gambir
Ilustrasi

IDNews.co.id – Jumlah penumpang kereta api dengan maksud akhir di Stasiun Gambir pada arus balik H+3 ini, Rabu, 28 Juni 2017, diprediksi mencapai 14. 310 orang. Jumlah itu lebih tinggi 15 % dibanding dengan jumlah penumpang yang masuk ke Stasiun Gambir kemarin, Selasa (27/6/2017)., yakni sejumlah 12. 143 orang.

” Memang bertambah, namun tidaklah terlalu tinggi, ” kata Kepala Stasiun Gambir Rizki Afrida di Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (28/6/2017).

Kendati sekian, Rizki memprediksi sepanjang arus balik lebaran tahun ini, Stasiun Gambir akan tidak diserang penumpang kereta api dengan jumlah yang cukup penting. Hal itu dikarenakan, pihaknya cuma menyediakan 40 kereta api sepanjang musim mudik lebaran di tahun ini.

” 40 kereta api itu telah termasuk tambahan ya. 40 kereta api itu, 28 kereta reguler dan 12 kereta penambahan, ” pungkasnya.

Rizki memaparkan, hal sama akan diberlakukan untuk hadapi arus balik lebaran kelak. Menurut dia, pihaknya akan tidak memberikan sekali lagi kereta penambahan untuk hadapi arus balik tahun ini, hingga ia memperkirakan arus balik tahun ini juga akan sama juga dengan arus mudik lebaran kemarin.

” Untuk kondisi arus balik di Gambir seperti sama arus mudik tempo hari, kita mempersiapkan 12 kereta penambahan, keseluruhan kereta yang pergi dari Gambir ada 40 KA, 28 reguler serta 12 itu kereta penambahan. Jadi kita hingga H+15 masihlah menyediakan 12 kereta penambahan. Kereta tambahan itu telah full, kita akan tidak menaikkan kereta penambahan sekali lagi untuk arus balik, ” tuturnya.

Ia juga menerangkan, untuk jumlah penumpang yang juga akan balik dengan maksud akhir Stasiun Gambir telah bisa tampak dari jumlah ticket yang keluar atau dipesan sekarang ini. Menurut dia, sampai H+5 atau tanggal 1 Juli 2017 mendatang, jumlah penumpang yang akan tiba di Stasiun Gambir rata-rata sebanyak 13. 000 orang per-hari.

” Meskipun belum juga terealisasi ya, kita telah dapat memprediksi dari jumlah tiket yang telah dipesan nyaris rata-rata 13. 000 penumpang /hari yang juga akan balik. Tetapi untuk puncaknya itu H+5 yakni di tanggal 1 Juli puncaknya nanti, ” kata Rizki.

Untuk diketahui, pada hari puncak mudik kemarin, tanggal 24 Juni 2017. Stasiun Gambir udah memberangkatkan penumpang kereta api sebanyak 16. 700 orang penumpang. (ndi)

LEAVE A REPLY