kebakaran di gunung Guntur Foto: Galamedianews

IDNEWS.CO.ID – Setelah lebih dari satu pekan kebakaran hutan menyerang.menimpa gunung Guntur, Garut Jawa Barat, dalam sejumlah titik, Badan Penanggulangan Petaka Wilayah atau BPBD Kabupaten Garut, menyatakan arah wisata pendakian Gunung Guntur di Kecamatan Tarogong Kaler Garut, ditutup sementara.

Kepala BPBD Garut, Firman Karyadin mengatakan, faksinya kuatir terjadi kebakaran di lereng gunung Guntur pada saat banyak para pendaki yang tengah berkemah di kawasan pucuk gunung.

“Kami tutup sementara, karena kuatir kebakaran Gunung Guntur membahayakan pendaki, ” kata Firman, Senin (28/10/2019).

Penutupan arah pendakian Gunung Guntur dilakukan sampai situasi gunung aman dari petaka kebakaran. Sekarang, musim kemarau masih menyerang.menimpa, hingga secara mendadak api tampak dan membakar hutan ilalang di lereng gunung Guntur.

“Jadi, sampai waktu yang tidak dapat kami putuskan, intinya sampai situasi gunung Guntur, aman dari kebakaran,” papar Firman.

Lanjut Firman, kebakaran hutan dan gunung termasuk Gunung Guntur terjadi sejak Kamis 24 Oktober 2019. Paling akhir, Gunung Guntur terbakar dengan ruangan hutan lumayan luas terjadi pada Sabtu (26/10/2019).

“Biarpun setiap kebakaran bisa diselesaikan dalam kurun waktu yang cukup cepat, tapi bahaya kebakaran gunung dapat mengintimidasi sewaktu-waktu,” katanya. (ach)

LEAVE A REPLY