Penggunaan Helm Tak Sesuai Ukuran Bisa Mempengaruhi Cara Berkendara

IDNews.co.id – Pengguna sepeda motor mesti menggunakan helm jadi standard keselamatan, waktu berkendara di jalan raya. Alat ini berperan melindungi kepala waktu terjadi kecelakaan, baik terjatuh atau waktu tabrakan.

Dalam hal keamanan, pakai helm yang cocok dengan ukuran kepala yaitu hal yang terutama. Pemakaian helm yang tidak sesuai ukuran tidak memberikan perlindungan optimal, bahkan juga dapat membahayakan pemakainya.

” Bila memang pakainya (ukuran) L, kita mesti pakai L. Jangan pernah bila memanglah gunakan L, kita ganti jadi XL. Itu begitu bahaya, ” kata Engineer PT Tarakusuma Indah sebagai produsen helm KYT, Mugiyono, di Jakarta.

Menurut dia, pemakaian helm yang tidak sesuai ukuran atau tidak cocok dapat merubah langkah berkendara. Helm yang kebesaran pasti bakal enteng terlepas. Demikian juga apabila kekecilan, waktu terjadi bentrokan jadi kepala berpotensi terluka.

” Saat kita berkendara, kita tidak tahu apa yang bakal terjadi. Dapat belok-belok, posisi helmnya cocok kita berkendara kencang serta kena polisi tidur, ini sangat-sangat salah, ” tuturnya.

Sebagai rekomendasi, helm dengan ukuran XS punyai lingkar kepala 53-54 sentimeter, ukuran S 55-56 sentimeter, ukuran M 57-58 sentimeter, ukuran L 59-60 sentimeter, ukuran XL 61-62 sentimeter, serta ukuran XXL 63-64 sentimeter.

Mugiyono melanjutkan, buat sadari ukuran helm yang sesuai dengan kepala, yakinkan area depan helm tidak menyentuh mulut atau hidung. ” Mesti dua jari di depan mulut, itu aman. Jadi, yang pas itu dua jari, ” katanya. (ndi)

LEAVE A REPLY