Ilustrasi

Masalah air masih berubah menjadi momok buat para penghuni Rumah Susun Simple Sewa (Rusunawa) Pesakih, Jakarta Barat. “Airnya buruk, kadang justru ada cacing-cacing kecil. Tidak dapat lah difungsikan untuk minum,” kata Siti Jamilah, penghuni Blok I, Kamis (11/7/2019).

Menurut Siti, hal tersebut bikin para penghuni rusun harus beli air mineral isi lagi untuk penuhi kebutuhan air minum. Air mineral isi lagi itu dipasarkan pada harga Rp 7.000 ukuran galon 19 liter. Akan tetapi, harga itu akan naik sebesar Rp 1.000 untuk biaya antar ke unit-unit rusun. Apabila diantar ke lantai dua, biaya antarnya berubah menjadi Rp 2.000, begitupun jika diantar ke lantai tiga berubah menjadi Rp 3.000 dan selanjutnya.

Penghuni lain, Hendi mengatakan, air yang ada di rusun itu tidak baik untuk difungsikan mandi. Lantaran, airnya merasa licin dan kerapkali mengakibatkan gatal di kulit. “Jika tidak biasa pastinya gatal-gatal, wong yang sudah biasa saja pula kerap jadi gatal-gatal,” kata ia sembari memperlihatkan cedera karena menggaruk pada lengannya.

Air untuk penduduk Rusunawa Pesakih disediakan oleh PAM Jaya. Agar dapat nikmati layanan ini, penghuni rusun harus membayar Rp 5.000 per sepuluh kubik pertama. Seterusnya, harga yang dikenakan yaitu Rp 7.450 per kubik. (fat)

LEAVE A REPLY