IDNEWS.CO.ID – Pilot James Bushe yang berasal dari Stoke-on-Trent menjadi pilot pertama yang mengidap HIV yang diperbolehkan mengendalikan pesawat komersial. Bushe menjadi pilot pengidap HIV pertama yang akhirnya diperbolehkan oleh Otoritas Penerbangan Sipil setelah gencarnya kampanye tentang HIV di Skotlandia.

Dikutip laman Mirror, Otoritas Penerbangan Sipil dipaksa untuk mengubah aturan yang mereka miliki agar bersikap adil terhadap pilot yang mengidap HIV.

Pilot pertama dengan HIV yang diterima penerbangan Eropa itu menorehkan sejarah baru karena akhirnya bisa menerbangkan pesawat komersial sebagaimana impiannya selama ini. Hal itu bisa dilakukan setelah aturan terkait diubah.

Kampanye gencar dilakukan oleh aktivis HIV di Skotlandia secara masif yang mendesak agar otoritas mengubah aturan yang diskriminatif.

Sementara James Bushe menyatakan bahwa dia merasa bangga dan bersyukur bahwa gerakan itu akhirnya menolong dia bisa menyelesaikan pelatihan di Logan Air dan kemudian bisa bertugas dengan basis Bandara Glasgow

Pilot tersebut sempat menjadi perbincangan di media sosial dan kemudian di akun Twitter, dia mengatakan sengaja membuat nama samarannya yakni Anthony. Bushe mengatakan, Anthony dia anggap bukan dirinya lagi namun seorang pengidap HIV yang akhirnya bisa menjadi pilot. (ndi)

LEAVE A REPLY