Dongeng Anak Muslim Tentang Alam Semesta Foto: U-Report

IDNEWS.CO.ID – Udah lama juga nggak review buku anak. Saya sekarang seneng banget karena Shaki, anak kedua saya, lagi rajin-rajinnya baca buku dan minjem buku di perpusatakaan sekolah. Artinya, saya boleh sedikit berbangga karena berhasil menulari anak-anak untuk gemar membaca.

Kalau kakaknya, I’am, di sekolah belum ada perpustakaannya. Jadi dia palingan bacanya buku-buku koleksinya yang ada di kamar. Sekarang malah lagi seneng baca buku-buku Goosebumps koleksi saya. Artinya juga, saya berhasil meracuni anak saya dengan buku bacaan saya sewaktu kecil.

Karena I’am dan Shaki senang baca, maka adiknya, Manda, pun sama. Dia paling senang sama buku yang banyak gambarnya dan tulisannya sedikit. Iya lah ya, namanya juga masih 3 tahun. Sulitnya, mencari buku semacam dongeng-dongeng tapi yang ada unsur Islaminya. Kebanyakan kan kalau dongeng-dongeng dari luar negeri itu nyerempet-nyerempet peri dan Hari Raya mereka, ya. Jadi anak saya dari kecil lebih mengenal budaya agama lain ketimbang kebesaran Tuhannya sendiri.

Syukurnya, sekarang saya nemu buku dongeng anak yang isinya nggak melulu Putri dan Pangeran aja, tapi juga ada pembelajaran mengenai kebesaran Allah SWT juga ada kutipan ayat Al Qur’annya. Gimana nggak happy, coba?

Buku “Dongeng Anak Muslim Tentang Alam Semesta” ini sebagian besar menceritakan bagaimana interpretasi sebuah ayat Al Qur’an ke dalam cerita dongeng agar mudah dipahami oleh anak-anak. Kalau anak-anak belajar ngaji kan kadang susah ya nyambungin cerita dengan ayatnya, tapi lewat buku ini, insyAllah mudah dimengerti.

Dari 10 cerita, ada 4 dongeng yang mengisahkan tentang hewan yang disebutkan dalam Al Qur’an. Saya sendiri paling suka dengan cerita “Barisan Para Semut” yang terinspirasi dari kisah Nabi Sulaiman (QS An-Naml: 18-19).

LEAVE A REPLY