Ilustrasi Foto: Kembang Pete

IDNews.co.id – Tanggung jawab yaitu keadaan wajib menanggung segala sesuatunya atas apa yang akan atau telah dilakukan. Dan arti berdasarkan kamus unmum bahasa Indonesia bertanggung jawab yaitu berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memperlihatkan jawab dan menaggung akibatnya.

Sifat Tanggung jawab yaitu suatu kesadaran dari insan akan tingkah laris atau perbuatannya akhir yang disengaja maupun tidak disengaja. Berarti tanggung jawab juga yaitu berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan dari kewajibannya.

Makna dari sebuah tanggung jawab sendiri yaitu siap mendapatkan kewajiban atau tugasnya. Dalam artian ini yaitu ketika ketika seseorang diberikan kewajiban atau tugasnya, yang berarti seseorang tersebut akan menghadapi sebuah pilihan, yaitu mendapatkan atau menjalankannya dengan dedikasi, atau sanggup juga menunda dan mengabaikan tugasnya atau kewajiban tersebut dengan banyak sekali pertimbangan.

Tanggung jawab merupakan ciri insan yang berpribadian baik dan beradab. Seorang insan akan merasa bertanggung jawab alasannya menyadari akhir baik atau resiko perbuatannya itu yang menjadi sebuah pilihan.

Dalam kehidupan ini insan berusaha untuk memenuhi kebutuhan sendiri atau kebutuhan orang lain atau yang lainnya. Dan dalam perjuangan dari setiap insan akan menyadari bahwa ada faktor lain yang sanggup memilih dan membantu untuk mendapatkan, yaitu kekuasaan Tuhan. Itulah tanggung jawab yang sanggup di bedakan dari keadaan insan atau kekerabatan yang dibentuk-Nya.

Berikut beberapa jenis dan macam tanggung jawab :

  • Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri

Tanggung jawab terhadap diri sendiri itu menuntut kesadaran akan diri kita untuk memenuhi kewajiban sendiri dan menyebarkan kepribadian sebagai insan pribadi.
Apa yang telah kita lakukan harus mendapatkan resikonya sendiri.

  • Tanggung Jawab Terhadap Keluarga

Keluarga yaitu masyarakat kecil yang paling sering kita temui. Untuk itu tiap anggota keluarga wajib mempunyai rasa tanggung jawab kepada keluarganya. Dalam hal disini Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga Anda sendiri, namun tanggung jawab juga merupakan sanggup berfungsi sebagai kesejaterahaan, keselamatan,pendidikan dan kehidupan. Maka setiap anggota keluarga harus saling menjaga nama baik keluarga dengan perilaku dan perbuatan yang dilakukan dalam kehidupan bermasyarakat dengan mempunyai sifat tanggung jawab yang tinggi.

  • Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat

Hakekatnya insan didalam kehidupan ini tidak akan sanggup hidup tanpa pertolongan orang lain. Jadi, dalam kehidupan bermasyarakat juga harus mempunyai rasa tanggung jawab biar tercipta kehidupan yang serasi dan nyaman satu sama lainnya.

  • Tanggung Jawab Kepada Bangsa / Negara

Manusia akan menduduki suatu bangsa dan negara yang berarti tiap individu yaitu suatu warga negara. Dalam bertindak, berbuat, berpikir, dan bertingkah laku, insan diatur dan terikat oleh hukum atau norma-norma yang di buat oleh negara. Makara setiap warga negara tidak sanggup berkehendak semaunya sendiri, dan bila perbuatan warga negara itu salah atau menyimpang, maka ia wajib bertanggung jawab pada negara atas apa yang telah ia lakukan. Untuk itu  setiap dari warga negara harus menjaga nama baik bangsa dan negara sendiri dengan prestasi-prestasi anak bangsa.

  • Tanggung Jawab Terhadap Tuhan

Tuhan dalam membuat insan yang diturunkan di bumi ini bukanlah tanpa rasa tanggung jawab, melainkan biar mengisi dalam kehidupan insan supaya mempunyai rasa tanggung jawab eksklusif terhadap Tuhannya. Jadi, setiap tindakan insan yang jelek dan menyimpang tidak akan lepas dari eksekusi Tuhan yang dituangkan dalam banyak sekali kitab suci dari banyak sekali macam jenis agama.

Itulah pentingnya mempunyai dan memahami rasa tanggung jawab biar kita menjadi dan semakin mempunyai kpribadian yang baik dan beadab dalam menjalani kehidupan ini.(far/fat)