Penyanyi Mesir Mohamed Ramadan mengunggah video dirinya di kokpit pilot ke akun media sosial, membuat sang pilot mendapat sanksi larangan terbang seumur hidup.

IDNEWS.CO.ID – Kementerian penerbangan sipil Mesir melarang terbang seorang pilot seumur hidup karena mengijinkan seorang penyanyi terkenal masuk ke kokpit selama dalam penerbangan dari Mesir ke Riyadh, Arab Saudi.

Sang vokalis, Mohamed Ramadan, mengupload video pendek di social media dirinya masuk ke kokpit lalu duduk di bangku ko-pilot dan menggenggam kendali pesawat sembari mengatakan, “Aku bersumpah buat Tuhan, aku menerbangkan pesawat ini”.

Karena peristiwa ini, kopilot pesawat itu diskors tak bisa terbang selama setahun dan direktur utama maskapai penerbangan mengundurkan diri dari jabatannya.

Hari Senin (14/10/2019), rekaman video itu beredar dan kementerian penerbangan sipil segera melakukan penyidikan.

Menurut media pers Egypt Independent, pemilik pesawat itu yakni sebuah maskapai penerbangan swasta, yang namanya masih dirahasiakan sampai saat ini, dan tidak dari maskapai utama Mesir, Egypt Air.

Faksi kementerian pula memeriksa pilot dan ko-pilot pesawat itu karena pelanggaran serius pada ketentuan dan arahan penerbangan sipil Mesir dan mendatangkan kemungkinan besar untuk keselamatan penumpang.

Media-media Mesir menyatakan penerbangan itu yakni penerbangan ke Riyadh, Arab Saudi, dimana Mohamed Ramadan akan jadi satu diantaranya pengisi acara di festival hiburan Riyadh Season atas undangan faksi berkekuatan Arab Saudi.

Maskapai penerbangan utama Mesir Egypt Air menolak jika rekaman video itu terjadi di pesawat mereka, sambil menekankan jika hal semacam itu menyalahi proses keselamatan penerbangan.

Sumber di golongan penerbangan yang dilansir Egypt Independent mengatakan jika pesawat itu termasuk grup pesawat Cessna Citation yang melakukan perjalanan pribadi ke arah Riyadh.

Dalam penerbangan, Ramadan masuk kabin dan duduk di bangku kopilot saat pesawat sedang terbang dalam situasi autopilot.

Sumber di golongan penerbangan menyatakan kekeliruan yang dibuat oleh awak pesawat itu yakni mengijinkan Mohamed Ramadan untuk masuk ke kabin pilot dan memfilmkan hal semacam itu. (ndi)

LEAVE A REPLY