IDNEWS.CO.ID – Dalam musim penghujan seperti ini, sepeda motor Anda perlu mendapat perhatian lebih khusus. Sebab, keamanan motor akan membuat Anda lebih aman di jalan dan juga nyaman saat mengendarainya.

Salah satu masalah yang kerap terjadi di musim hujan dan banjir ini, adalah lampu motor bisa berembun. Karet yang getas atau kendur bisa jadi salah satu penyebab air bisa mausk ke celah rumah lampu.

“Sebenarnya kalau sampai terdapat embun itu berarti ada bagian yang sudah tidak rapat,” kata Kukuh Aristiawan, Kepala Mekanik Big Wing Astra Motor BSD, Tangerang, seperti dilansir dari Federal Oil.

Copot rumah lampu dan simpan lampu dan simpan di tempat yang aman. Kemudian,bersihkan mika lampu menggunakan air hangat dan cairan pencuci piring.

“Kalau sudah mengembun, sebaiknya dibongkar untuk memperbaiki bagian yang menyebabkan air masuk. Jika didiamkan, lama-kelamaan dikhawatirkan akan menyebabkan timbulnya jamur atau menjadi buram,” lanjut Kukuh.

Selanjutnya adalah mengeringkan mika lampu di tempat yang terkena sinar matahari. Jika sudah kering, gunakan sealant, lalu oleskan ke sambungan mika dan reflektor.

Pastikan seluruh bagian sisinya terlapisi sealant agar air tak kembali masuk. Selanjurtnya biarkan hingga mengering sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan sealant.

Terakhir, pasang kembali mika lampu motor kamu dan coba nyalakan untuk memastikan apakah sudah bekerja dengan normal. Sebab, jika masih ada embun dan berair ditakutkan akan membuat konslet di bagian listrik motor. (ach)

LEAVE A REPLY