Ilustrasi Dua mobil Humvee milik militer Amerika Serikat terhisap pasir pantai Foto: Carsbuzz

IDNEWS.CO.ID – Militer Amerika Serikat mulai menarik peralatannya dari Suriah. Kebijakan ini diambil AS menyusul perintah langsung Presiden Donald Trump. Namun, untuk alasan keamanan, otoritas AS belum bisa memberikan keterangan resminya.

“Saya bisa mengonfirmasi penarikan peralatan dari Suriah. Untuk alasan keamanan, saya tidak akan memberikan perincian lebih lanjut saat ini,” kata pejabat pertahanan AS yang tak disebutkan namanya, dikutip dari Channel News Asia, Jumat (11/1/2019).

Pada 19 Desember lalu, secara mengejutkan Trump mengatakan bahwa ia akan menarik semua tentara AS dari negara Timur Tengah yang dilanda konflik. Pengumuman itu memicu pengunduran diri Menteri Pertahanan Jim Mattis.

Penarikan peralatan dalam beberapa hari terakhir pertama kali dilaporkan oleh CNN, yang mengutip seorang pejabat administrasi yang mengetahui secara langsung operasi tersebut.

Pejabat itu tak menjelaskan secara rinci peralatan militer apa saja yang diangkut atau bagaimana peralatan tersebut dibawa keluar dari Suriah. Diperkirakan penarikan akan dimulai dari wilayah utara Suriah.

Penasihat Keamanan Nasional AS, John Bolton, mengatakan penarikan pasukan dan peralatan dilakukan setelah memastikan negara-negara sekutu itu aman dari ancaman terorisme.

“Kami akan membahas keputusan presiden. Tetapi untuk melakukannya, kami harus memastikan bahwa ISIS sudah dikalahkan dan tidak bisa menghidupkan kembali dirinya atau menjadi ancaman lagi di kemudian hari,” ujar Bolton. (ndi)

LEAVE A REPLY