Ilustrasi berdo'a. Foto: PortalMadura.com

IDNEWS.CO.ID – Sering kita melihat orang berdoa dan tertawa. Bahkan kita juga sering mengalaminya sendiri. Tentunya pengalaman orang berbeda-beda saat ia berdoa dan tertawa.

Seseorang berdoa mengadu dan meminta kepada Allah SWT apa yang diinginkan. Dia berharap apa yang diinginan dikabulkan. Mulai dari permhonan masalah pribadi, keluarga, warga, bangsa, umat.

Sementara seorang tertawa biasanya menyaksikan hal-hal yang lucu. Bisa jadi lucu karena melihat orang lain atau memang kelucuan pada dirinya sendiri. Misalnya, ia sedang menyaksikan acara komedi.

Berikut beberapa perbedaan dan persamaan Doa dan tertawa.

1. Doa itu tenteram

Doa itu meminta hati tenang dan tentram. Sementara tertawa meminta jiwa ini gembira dan ngakak

2. Doa itu menyendiri

Doa itu dilakukan di tempat sunyi dan menyendiri. Sementara tertawa biasaya di tempat ramai atau di sebuah pertunjukan komedi atau lawakan.

3. Doa itu dengan bahasa hati

Biasanya berdoa dengan bahasa Arab dalam hati, tapi bisa juga dengan bahasa lokal. Sementara tertawa tidak dengan bahasa Arab, tapi ia lebih banyak dengan bahasa tubuh karena tertawa.

4. Doa dan Tertawa Memiliki Tujuan Sama

Selain ada perbedaan, ternyata tujuan doa dan tertawa ini pada diri seseorang memiliki kesamaan. Mereka sama-sama mengalami kondisi yang membuat hati mereka merasa nyaman, tenang, atau minimal dapat menghilang rasa kegilisahan dan kerewutan hidup.

Itulah beberapa catatan soal perbedaan dan persamaan doa dan tertawa pada diri seseorang. Setiap orang memiliki cara sendiri saat berdoa dan tertawa. Yang pasti mereka ingin hidup bahagia. (ndi)

LEAVE A REPLY