Suporter Persebaya, Bonek menyalakan flare

IDNEWSCO.ID – Mendekati laga malawan Tira Persikabo, manajemen Persebaya meminta suporternya, Bonek, untuk tidak menyalakan flare di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Minggu malam (21/7/2019).

Anjuran itu dikeluarkan Eksekutif Persebaya, Candra Wahyudi menyalip denda yang kembali diterima Persebaya sebesar Rp150 juta. Hukuman itu dijatuhkan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI setelah Persebaya melayani Persib Bandung, 5 Juli 2019.

Sampai saat ini, Persebaya berubah menjadi klub terbanyak terkena denda. Sebelumnya, mereka didenda Rp150 juta saat melayani PSIS Semarang, 30 Mei 2019 dengan pelanggaran yang sama. Paling pertama, denda Rp100 juta diterima saat melayani Kalimantan tengah Putra, 21 Mei 2019.

“Kami selalu menghimbau terhadap supporter untuk tidak bawa flare atau sejenisnya, namun masih ada-ada saja yang bawa juga. Walaupun sebenarnya mereka menyadari ini amat memberikan kerugian klub,” kata Candra.

Tidak cuman anjuran, lanjut Candra, faksi manajemen pula melakukan sinkronisasi dengan keamanan internal dan aparat kepolisian untuk cari formula yang tepat, biar insiden sama tidak terulang kembali.

Sangkaan sementara, flare dibawa masuk ke stadion saat pemasangan banner beberapa waktu sebelum laga. Dikarenakan, saat itu tidak ada pengecekan ketat pada barang bawaan supporter.

“Kami kecurian biasanya disana. Namun ke depan akan kita perketat. Ane mengharapkan supporter dapat menyadari, biar klub tidak selalu dirugikan,” harapnya. (ndi)

LEAVE A REPLY