Ilustras kebakaran. Foto: detikNews

IDNEWS.CO.ID – Kebakaran hebat menempa satu diantaranya pondok pesantren terbesar di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, pada Sabtu malam, 18 Januari 2020. Untuk menyikapi beberapa hal yang tidak dibutuhkan, santri terpaksa diungsikan sementara.

Dalam sebuah video amatir kelihatan detik-setik ruang laboratorium komputer punya Pondok Pesantren Al-Ikhlas Lampoko Campalagian, Polewali Mandar, dilalap si jago merah. Api berasal dari ruang tengah dan langsung menjadi membesar.

Ratusan santri yang sedang beristirahat juga sontak histeris dan berhamburan keluar ruangan.

Masyarakat bersama santri juga mengupayakan mematikan api. Tapi, kencangnya hembusan angin dan kurangnya sumber air menyebabkan usaha pemadaman api susah dilakukan.

Oleh karena itu, api terus merembet dan menghanguskan enam gedung salah satunya aula, ruang komputer, ruang guru, gedung rapat, sampai kantor pengurus pesantren.

Memandang api terus menjadi membesar, sejumlah santri juga histeris dan jatuh tak sadar diri. Untuk menghindari beberapa hal yang tidak dibutuhkan, santri langsung dievakuasi ke tempat aman.

Tiga unit mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan ke area baru bisa kuasai api setelah berjibaku semala hampir dua jam.

Pendapat sementara, api berasal dari pertalian arus pendek listrik dari ruang tengah gedung laboratorium komputer yang lalu merembet ke-5 gedung yang lain.

Pesantren Al-Ikhlas Lampoko merupakan satu diantaranya pesantren terbesar dan paling tua di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, dengan jumlahnya santri mencapai 800 orang. Walaupun tidak menyebabkan korban jiwa, tapi kebakaran menyebabkan kerugian materil mencapai miliaran rupiah. (ndi)

LEAVE A REPLY