Leonardo DiCaprio

IDNEWS.CO.ID – Tanpa memberikan bukti, Presiden Brasil, Jair Bolsonaro mengatakan kalau aktor Hollywood, Leonardo DiCaprio telah mendanai kelompok nirlaba yang dia klaim memikul tanggung jawab atas kebakaran di Amazon tahun ini.

Pengakuan Bolsonaro tentang aktor Amerika Serikat itu yaitu sisi dari kampanye pemerintah yang lebih luas pada kelompok nirlaba lingkungan yang bekerja di Brasil.

“DiCaprio yaitu pria yang indah, bukan ? Berikan uang untuk membakar Amazon,” kata Bolsonaro terhadap para pendukungnya di Brasilia, dilansir dari laman The Hollywood Reporter, Minggu, 1 Desember 2019.

Organisasi lingkungan DiCaprio, Earth Alliance, menjanjikan US$5 juta (Rp70,4 miliar) untuk menolong melindungi Amazon setelah runtutan kebakaran membinasakan kebanyakan hutan hujan itu pada bulan Juli dan Agustus 2019 lalu.

Tetapi, aktor yang dikenal sebagai aktivis lingkungan itu mengatakan kalau kelompoknya belum mendanai salah satunya dari dua organisasi nirlaba yang dikatakan oleh para penyelidik selama ini.

“Kendati pantas memperoleh suport, kami tidak mendanai organisasi yang direncanakan. Hari esok ekosistem yang tak tergantikan ini dipertaruhkan dan saya bangga berdiri bersama kelompok yang melindunginya,” demikian bunyi pengakuan sah DiCaprio.

DiCaprio pun memberikan tanggapan yang lebih panjang atas gugatan Bolsonaro dalam sebuah upload di akun Instagram pribadinya.

“Pada saat kritis Amazon ini, saya mendukung beberapa orang Brasil yang kerja untuk selamatkan warisan alam dan budaya mereka. Mereka yaitu contoh yang menakjubkan. Prinsip dan semangat yang diperlukan untuk selamatkan lingkungan,” tulisnya.

“Hari esok ekosistem yang tak tergantikan ini dipertaruhkan dan saya bangga berdiri bersama kelompok-kelompok yang melindunginya. Kendati pantas memperoleh suport, kami tidak mendanai organisasi yang direncanakan. Saya tetap punya komitmen untuk mendukung orang tradisi Brasil, pemda, ilmuwan, pendidik dan orang umum yang kerja tanpa penat untuk amankan Amazon untuk hari esok semua penduduk Brasil,” imbuhnya.

Jadi informasi, beberapa anggota pemerintahan Bolsonaro memiliki pendapat kalau kelompok orang sipil dan hukum lingkungan membatasi pembangunan ekonomi di wilayah Amazon.

Bolsonaro dan Menteri Lingkungan Hidup Brasil, Ricardo Salles mempromokan pembangunan di sebagian ruang alami yang dilindungi, bahkan saat kebakaran dan deforestasi yang disengaja di Amazon telah mencapai tingkat yang tidak tampak pada suatu dekade.

Usul pada DiCaprio dan aktivis lingkungan menyalip serangan polisi di tempat besar dua kelompok nirlaba di negara sisi Banyak, Amazon awal minggu ini. Polisi ditempat pun tangkap empat petugas pemadam kebakaran sukarela dan mengatakan faksinya tengah memeriksa mereka karena diduga menyalakan api untuk mendapatkan dana dari donor yang bersimpati.

Petugas pemadam kebakaran sukarela menyanggah melakukan kekeliruan dan hakim menyuruh pembebasan mereka.

Jaksa federal mengatakan pengumpulan bukti-bukti mereka menunjuk pada perampas tanah sebagai tersangka utama kebakaran di wilayah itu, bukan organisasi nirlaba atau pemadam kebakaran.

Butuh diketahui juga kalau peternak sapi, petani, dan penebang liar telah lama menggunakan api untuk bersihkan tempat di Amazon.

Ini bukanlah kali pertamanya presiden Brasil tanpa bukti mengatakan kalau kelompok nirlaba lah yang membakar hutan di Amazon, atau mempertanyakan peringatan banyak faksi tentang pergantian iklim gara-gara kebakaran itu.

Pada bulan Agustus, di tengahnya kemarahan internasional atas kebakaran Amazon, Bolsonaro mempersalahkan “perang informasi yang terjadi di dunia menantang Brasil” dan menyerang kepala lembaga analisa luar angkasa pemerintah yang mengawasi deforestasi.

Bolsonaro menuduh presiden institut itu, Ricardo Galv√£o, merekayasa data deforestasi untuk membuat pemerintahannya tampak tidak baik.

Namun sebuah laporan deforestasi tahunan yang diluncurkan pada bulan November, tiga bulan setelah kejadian itu, telah mengecek kenaikan dua digit persen dalam deforestasi. Pemerintah Brasil setelah itu mengaku kalau deforestasi telah bertambah dari tahun ke tahun. (ndi)

LEAVE A REPLY